Inilah Master Plan Mega Proyek “Salwa Marine Canal” yang Akan Mengubah Peta Perbatasan Arab Saudi-Qatar

1235

Moslemtoday.com : Arab Saudi akan merelokasi perbatasannya di Pantai Timur. Dalam rancangannya, Mega Proyek ini akan membangun jalur pantai terbaru sepanjang 60 km di sepanjang perbatasan antara Arab Saudi dan Qatar. Proyek ini dinamakan “Salwa Marine Canal”.

Menurut informasi yang dirilis Harian Sabq, Mega Proyek akan dibiayai oleh investasi tiga negara (Arab Saudi, Mesir dan UEA). Mesir dipilih karena pengalaman dan keberhasilan dalam menggali Terusan Suez. Otoritas investasi Arab Saudi dan UEA dilaporkan akan membiayai proyek secara penuh.

Dalam perencanaannya, di lokasi mega proyek ini akan dibangun dua pelabuhan di kedua sisi kanal, resor dan tempat pariwisata, dan pada sisi yang lainnya akan dibangun zona militer perbatasan.

Zona baru ini direncanakan akan memiliki jalur pantai 200 mdpl, kedalaman 15-20 meter, dan panjang 60 km untuk dapat menampung semua jenis kapal kargo dan penumpang yang bisa melintasi jalur tersebut.

Jalur perbatasan ini ini dipilih karena memilikisi lokasi strategis yang akan menghubungkan seluruh garis pantai Arab Saudi di wilayah timur. Rencana pembentukan jalur pantai tersebut juga akan menyegarkan sektor perekonomian di wilayah tersebut yang saat ini diisi oleh gurun pasir.

Proyek ini sedang menunggu persetujuan dan lisensi untuk memulai pengerjaan yang ditargetkan akan selesai dalam 12 bulan ke depan. Proyek akan dimulai dari perbatasan Salwa ke Khawr Al-Udayd yang akan menghubungkan seluruh pantai timur Arab Saudi. (DH/MTD)

Sumber : Sabq, Saudi Gazette, Aramnews, Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com 

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here