Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Angkatan Laut Arab Saudi vs Iran

5879
High angle starboard bow view of the patrol gunboat FAISAL (PGG-517) underway. The gunboat is being built by Peterson Builders for the Royal Saudi Navy.

Moslemtoday.com : Arab Saudi telah memulai latihan perang di Teluk Persia yang disebut Latihan Perisai Teluk 1. Latihan ini melibatkan kapal perang, pesawat, kapal cepat, artileri, dan unit elit angkatan laut Arab Saudi.

Dilansir dari Al-Arabiya, Jumat, (7/10/2016), Arab Saudi berada di peringkat angkatan laut terkuat ketiga di wilayah Teluk setelah Turki dan Israel. Didirikan pada tahun 1950, angkatan laut Arab Saudi berperan penting dalam Perang Teluk kedua ketika KSA mampu membantu negara tetangganya Kuwait dalam melawan pasukan darat Irak.

Angkatan Laut Arab Saudi

Kekuatan angkatan laut Arab Saudi melebihi Iran dengan jumlah yang jauh lebih besar dengan kapal tempur yang tidak dapat dipantau oleh radar dan memiliki pertahanan udara yang memadai. Kapal tempur Iran terakhir dibeli dan dirancang selama 1970-an dan modelnya sekelas Moudge dan Alvand.

Arab Saudi memiliki tiga kapal tempur kelas- Al-Riyadh yang telah dimodifikasi dari kapal tempur kelas La Fayette, Perancis. Dengan berat 4725 ton, dipersenjatai dengan delapan MBDA Exocet MM40 Block II surface-to-surface missiles (SSM), sistem peluncuran vertikal two eight-cell Sylver untuk Eurosam (MBDA dan Thales), Aster 15 surface-to-air missile (SAM), meriam utamanya adalah Oto Melara 76 mm / 62 super cepat dan ada empat tabung torpedo buritan 533 mm.

Arab Saudi memiliki sembilan kapal patroli kelas Al-Sadiq yang dirakit di Amerika Serikat (Peterson Pembangun, Sturgeon Bay, Wisconsin). Beban penuh perpindahan sebesar 495 ton dan dipersenjatai dengan empat Harpoon SSM, satu OTO gun 76 mm, satu Phalanx CIWS 20 mm, dua senjata 20 mm, satu mortir 81 mm, dua peluncur granat 40 mm, tabung torpedo two triple 12.75 inch.

Angkatan Laut Iran

Iran memiliki dua angkatan laut independen dengan rantai perintah paralel. Angkatan laut yang biasa disebut Angkatan Laut Republik Iran (IRIN) sementara sayap angkatan laut kedua milik Garda Revolusi (IRGCN). Keduanya memiliki fungsi dan bidang tanggung jawab yang tumpang tindih, tetapi berbeda dalam hal bagaimana mereka dilatih dan dipersenjatai, menurut RealClearWorld, media terkemuka dalam berita dan analisa global.

Tiga kapal perusak Iran berusia lebih dari 50 tahun dan disimpan sebagai cadangan di Bushehr.

Sebagian besar senjata Barat yang dipasok ke Iran dibeli pada masa Shah dan tidak pernah deperbaharui. Baru-baru ini, Teheran telah memperoleh senjata baru dari Rusia, Cina dan Korea Utara.

Meskipun menandatangani kesepakatan nuklir yang bersejarah dengan Amerika Serikat dan kekuatan dunia untuk pencabutan sanksi, Iran telah membuat ancaman baru-baru ini ketika memamerkan parade militer akhir bulan lalu.

Di pelabuhan Bandar Abbas di Teluk, angkatan laut Iran memamerkan 500 kapal, serta kapal selam dan helikopter selama parade peringatan invasi Irak 1980.

Para pejabat AS mengatakan telah ada lebih dari 30 pertemuan tertutup antara AS dan Iran di Teluk selama tahun ini, dua kali lebih banyak pada periode yang sama tahun 2015.

Sumber : Al-Arabiya | Weblink : http://english.alarabiya.net/en/variety/2016/10/06/Tit-for-tat-Saudi-Arabia-and-Iran-compare-naval-power.html

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here