Inspirasi Generasi Milenial, Dua Qari Indonesia Juara MTQ Internasional di Malaysia

19

Dua Qari Indonesia Juara MTQ Internasional Malaysia, Kemenag: Inspirasi Generasi Milenial

Jakarta, Bimas Islam — Dua qari asal Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di ajang MTQ Internasional. Qari asal Kalimantan Selatan, Muhammad Rizqon dan Qariah asal NTB, Yuni Wulandari Hasim masing-masing menyabet medali perunggu pada MTQ Internasional di Malaysia.

Dua pelantun ayat suci Al-Qur’an ini berhasil unggul atas 36 peserta dari 28 negara. Musabaqah bertajuk Majelis Tilawah dan Menghafal Al-Qur’an Antarbangsa tahun 2022 merupakan yang ke-62 sejak pertama kali dilaksanakan pada 1957.

“Alhamdulillah, ini kabar gembira untuk kita semua. Menjadi sebuah kesyukuran dan oase bagi bangsa. Qari/qariah, hafiz/hafizah kita terus berjaya di MTQ Internasional. Semoga menjadi inspirasi bagi generasi milenial untuk terus mengukir prestasi,” ungkap Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin di Jakarta, Selasa (25/10/22).

Dirjen menambahkan, qari dan hafiz yang menjadi juara internasional umumnya juga menjadi _influencer_ di komunitasnya dan media sosial. Dirjen optimis, kehadiran mereka menjadi instrumen yang efektif dalam mendesiminasikan nilai-nilai mulia Al-Qur’an.

“Mereka masih muda, produktif, kreatif, inovatif, dan moderat. Kemenag terus mendorong para juara untuk mengajak masyarakat belajar dan mengamalkan Al-Qur’an yang penuh dengan ajaran toleransi, kerukunan, kedamaian, dan saling mencintai serta menghormati,” sambungnya.

Senada, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Ahmad Zayadi menambahkan, keikutsertaan Indonesia dalam berbagai MTQ Internasional merupakan bagian dari pembinaan berkelanjutan. Menurutnya, langkah ini menjadi upaya meneguhkan komitmen Indonesia sebagai salah satu kiblat kajian keislaman di dunia.

“Target Kemenag bukan hanya menjadi juara, tetapi menyampaikan pesan kepada dunia bahwa Indonesia insyaallah siap menjadi salah satu kiblat peradaban dunia. Keikutsertaan dalam MTQ Internasional merupakan salah satu cara mengenalkan Indonesia sebagai kiblat peradaban dunia,” terang Zayadi.

Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur’an dan Al-Hadits Kemenag Rijal Ahmad Rangkuty mengimbuhkan, capaian dua medali pada MTQ Internasional di Malaysia melengkapi capaian juara sebelumnya. Sepanjang 2022 ini, sambungnya, Indonesia telah menjadi juara MTQ Internasional di 6 negara.

“Kami sangat bersyukur atas capaian 2 medali perunggu pada MTQ Internasional di Malaysia. Kado terindah untuk bangsa setelah delegasi Indonesia juara di Rusia, Amerika, Arab Saudi, Maroko, Kuwait, dan Malaysia,” pungkasnya.

Humas

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here