Investasi dan keamanan menjadi agenda utama selama kunjungan Putra Mahkota Saudi di India

59

Moslemtoday.com : Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dijadwalkan tiba di India pada hari Selasa sebagai bagian dari tur Asia-nya, yang dimulai dari Pakistan dan akan berakhir di Cina pada akhir minggu.

Kontra-terorisme, investasi, dan keamanan energi diharapkan menjadi agenda utama diskusi selama perjalanan dua hari.

Duta Besar Arab Saudi di New Delhi mengatakan bahwa kunjungan Putra Mahkota ke India adalah “peluang bersejarah” untuk memperluas kolaborasi di semua sektor, menurut media India. Mereka juga melaporkan bahwa ‘Dewan Kemitraan Strategis’ akan dibentuk selama kunjungan, yang akan mencakup bidang-bidang strategis yang menjadi kepentingan bersama.

Sektor-sektor ini dilaporkan akan mencakup bidang-bidang investasi, keamanan energi, infrastruktur dan pertahanan di mana beberapa MoU diharapkan akan ditandatangani.

Sebuah pernyataan oleh Kementerian Luar Negeri India membaca bahwa negaranya dan Arab Saudi menikmati “hubungan dekat dan bersahabat yang tertanam dalam kemitraan yang saling menguntungkan serta memperluas ralasi.”

“Sekitar 2,7 juta komunitas India yang kuat dan bersemangat membentuk kelompok ekspatriat terbesar di Arab Saudi. Kontribusi positif mereka sangat dihargai terhadap pembangunan negara tuan rumah, mereka telah menjadi jangkar penting dari keterlibatan bilateral. Kerajaan Arab Saudi juga memfasilitasi ziarah haji kepada lebih dari 175.000 orang India setiap tahun, ”kata kementerian itu.

“Dalam beberapa tahun terakhir, ada kemajuan yang signifikan dalam kerja sama bilateral di bidang-bidang utama yang menjadi kepentingan bersama, termasuk keamanan energi, perdagangan dan investasi, infrastruktur, pertahanan dan keamanan,” bunyi pernyataan itu.

Perdagangan bilateral Saudi-India diperkirakan mencapai $ 27,48 miliar selama tahun 2017-18, menjadikan Arab Saudi mitra dagang terbesar keempat India. Arab Saudi menyumbang sekitar 20 persen dari kebutuhan minyak mentah India.

Selain mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, Putra Mahkota Saudi juga akan bertemu Presiden Ram Nath Kovind dan Wakil Presiden M Venkaiah Naidu selama kunjungan dua harinya.

Modi telah mengunjungi Arab Saudi pada bulan April 2016, di mana kedua negara sepakat untuk memperdalam kemitraan strategis mereka.

Sementara itu, Arab Saudi dan Pakistan menandatangani tujuh MoU senilai $ 20 miliar antara kedua negara di beberapa sektor termasuk minyak, pertambangan dan energi.

Kesepakatan itu ditandatangani pada hari Minggu setelah kedatangan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman ke Islamabad pada pemberhentian pertama dari tur tiga negara di Asia pada hari Minggu.

Dalam sebuah pernyataan bersama pada hari Senin yang dirilis setelah kesimpulan dari kunjungan kenegaraan Putra Mahkota ke Pakistan, kedua negara sepakat bahwa dialog dengan India adalah satu-satunya cara untuk memastikan perdamaian dan stabilitas di kawasan untuk menyelesaikan masalah-masalah luar biasa.

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Fairuz Syaugi
Copyright © 1440 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here