Irak Luncurkan Operasi Militer untuk Merebut Kembali Tal Afar dari ISIS

945
Iraqi government forces drive on a road leading to Tal Afar on June 9, 2017, during ongoing battles to retake the city from Islamic State (IS) group fighters. / AFP PHOTO / MOHAMED EL-SHAHED

Moslemtoday.com : Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi mengumumkan dimulainya operasi militer untuk merebut kembali Tal Afar dari ISIS. Tal Afar merupakan benteng pertahanan terakhir kelompok ISIS di Irak Utara.

Perdana Menteri Haider al-Abadi, mengenakan seragam militer hitam dan berdiri di depan sebuah bendera Irak serta peta negara itu, mengumumkan dimulainya sebuah operasi untuk membebaskan Tal Afar.

“Inilah para pahlawan yang sedang bersiap untuk membebaskan Tal Afar. Saya katakan kepada ISIS bahwa Anda tidak punya pilihan selain menyerah atau terbunuh,” ungkap Al-Abadi, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (21/8/2017).

Irak mengerahkan pasukan militer di empat wilayah dan menutup rute jalan di sekitar Tal Afar. Tentara Irak menargetkan Tal Afar setelah berhasil merebut Mosul bulan lalu.

Tal Afar berada di provinsi Nineveh, utara Irak yang terletak di jalan utama antara Mosul dan perbatasan Suriah yang dulunya merupakan jalur pasokan utama bagi ISIS. Pasukan koalisi mengatakan setidaknya masih ada sekitar 1.000 militan ISIS di Tal Afar dan mereka menggunakan warga sebagai tameng hidup mereka. (DH/MTD)

Redaktur : Deli Abdullah
Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here