Irak Tolak Bantuan Turki dalam Operasi Pembebasan Mosul

1195
Members of Iraqi pro-government forces hold a position on the frontline south of Mosul on Friday. PHOTO: AGENCE FRANCE-PRESSE/GETTY IMAGES

Moslemtoday.com : Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi telah menolak tawaran Turki untuk turut dalam serangan militer untuk merebut kembali Mosul.

Abadi mengatakan hari Sabtu persekutuan yang sudah ada akan menangani pertempuran yang sedang berlangsung tanpa pertolongan Turki.

Abadi mengatakan demikian di Baghdad setelah pembicaraan mendadak dengan Carter, yang telah berusaha meredakan ketegangan yang meningkat antara pemimpin Turki yang Sunni dan pemerintahan Abadi yang Shiah.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hari Selasa mengeluarkan ucapan yang menunjukkan hubungan bilateral yang rusak tersebut, dengan menuntut peranan dalam pertempuran di Mosul dan memperingatkan bahwa pasukan Turki yang sudah ditempatkan di Irak utara tidak akan mau diperintah oleh pemerintahan Shiah di Baghdad.

Hari Sabtu, Abadi menjawab dengan mengatakan, “saya tahu Turki ingin turut, kami mengatakan kepada Turki terima kasih, ini adalah pertempuran yang akan ditangani oleh Irak dan Irak akan membebaskan Mosul dan seluruh wilayahnya.” Demikain sebagaimana dilansir dari VOA, Ahad, (23/10/2016).

Mosul dulu adalah bagian dari Kesultanan Ottoman –pendahulu Turki. Ankara memandang kota tersebut masih berada dalam pengaruh mereka. Irak sendiri tengah berseteru dengan Turki atas kehadiran militer tetangganya itu di Kamp Bashiqa yang berada dekat Mosul.

Sumber : VOA | Weblink : http://www.voanews.com/a/iraq-carter/3561874.html

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here