Irak Umumkan Perang Melawan ISIS Telah Berakhir

576

Moslemtoday.com : Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengumumkan bahwa perang melawan kelompok ISIS telah “berakhir”. Al-Abadi mengatakan bahwa pasukan Irak telah menguasai kembali perbatasan dengan Suriah yang sebelumnya dikuasai ISIS.

“Pasukan kita berada dalam kendali penuh atas perbatasan Irak-Suriah dan oleh karena itu saya mengumumkan berakhirnya perang melawan ISIS,” kata Abadi dalam konferensi persnya di Baghdad, seperti dilansir dari Al Arabiya, Ahad, (10/12/17).

“Musuh kita ingin membunuh peradaban kita, tapi kita telah menang melalui persatuan dan tekad kita. Kita sudah berjaya dalam waktu singkat,” ungkap Al-Abadi.

“Saya mengumumkan kabar baik tersebut: pembebasan oleh pasukan Irak di seluruh wilayah perbatasan Irak-Suriah.”

Pasukan Irak juga mengumumkan dalam pernyataannya bahwa Irak telah “benar-benar dibebaskan” dari ISIS. Komandan militer senior Irak mengkonfirmasi bahwa operasi tempur telah selesai.

“Semua tanah Irak dibebaskan dari gerombolan teroris ISIS dan pasukan kami benar-benar mengendalikan perbatasan Irak-Suriah,” kata Letnan Jenderal Abdul-Amir Rasheed dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan sesaat setelah ucapan Al-Abadi.

ISIS menguasai hampir sepertiga wilayah Irak, termasuk Mosul, kota terbesar kedua di negara itu, pada musim panas 2014.

Selama tiga setengah tahun terakhir, pasukan darat Irak yang didukung oleh koalisi pimpinan AS telah merebut kembali semua wilayah tersebut. Namun, pejuang ISIS tetap mampu melakukan serangan gerilyawan di Irak.

Pada bulan November, pasukan Irak merebut kembali kota terakhir yang dipegang oleh ISIS – Rawah, dekat perbatasan dengan Suriah. Selama minggu-minggu berikutnya pasukan Irak terus membersihkan padang pasir barat yang dikuasai ISIS.

Dalam kemenangan paling signifikan atas ISIS, pasukan Irak merebut kembali Mosul awal tahun ini. Al-Abadi menyatakan bahwa pertarungan tersebut berakhir pada bulan Juli, namun bentrokan terus berlanjut di kota selama berminggu-minggu sesudahnya, dan hari ini Al-Abadi menegaskan perang melawan ISIS telah berakhir dan Irak berhasil membersihkan wilayah-wilayahnya dari ISIS. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here