Iran bentuk Tentara Pembebasan yang akan disebar di negara-negara Arab

1705

Iran dilaporkan telah membentuk apa yang disebutnya “Tentara Pembebasan” yang unit-unitnya  akan ditempatkan di negara-negara Arab, demikian menurut  situs berita Mashregh seperti dikutip Aljazeera, Minggu 21 Agustus

Saat ini, Iran terlibat dalam beberapa konflik di mana kaum Syiah dan Muslim Sunni berkutat  dalam perjuangan perebutan kekuasaan negara, terutama Suriah, Irak dan Yaman.

Mohammad Ali Al Falaki, seorang pensiunan Komandan  Korps Pengawal Revolusi Islam, mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Kamis oleh Mashregh News bahwa Iran sedang berjuang di tiga front: Irak, Suriah dan Yaman.

Iran “menciptakan Tentara Pembebasan di Suriah di bawah kepemimpinan Qassem Soleimani”, kata Falaki, yang memimpin pasukan di Suriah. Soleimani adalah kepala Korps Garda Revolusi pasukan khusus al-Quds.

Tidak jelas berapa besar kekuatan  yang disebut “Tentara Pembebasan”. “Pasukan ini bukan hanya memiliki tentara   di  Iran saja. Di setiap tempat di mana ada konflik (melibatkan Iran) , kami mengatur dan menyediakan tentara dari orang-orang dari daerah setempat,” kata Falaki.

Sehubungan dengan Suriah, ia berkata: “Tidaklah bijaksana untuk menempatkan pasukan Iran langsung  ke perang di Suriah. Oleh karena itu peran kita harus dibatasi untuk melatih, memasok, dan mempersiapkan warga Suriah untuk berperang di daerah mereka..”

Pada bulan Januari, Al Jazeera melaporkan bahwa Iran merekrut puluhan ribu pejuang Syiah Afghanistan untuk meningkatkan upaya  dalam perang Suriah, menawarkan mereka gaji untuk bergabung  berpihak pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Sumber : Al-Jazeera

comments

Loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here