Iran Mengecam Pernyataan Raja Yordania Abdullah II

2145

Moslemtoday.com : Iran menolak pernyataan yang dibuat oleh Raja Yordania Abdullah II yang menyebut kebijakan luar negeri Iran telah mengganggu stabilitas keamanan di Timur Tengah. Penolakan itu disampaikan Juru bicara kementerian luar negeri Iran, Bahram Ghassemi yang menyebut bahwa pernyataan Raja Yordania bertentangan dengan kenyataan di lapangan.

Bahram Ghassemi menolak pernyataan Raja Abdullah II mengenai campur tangan Iran di Lebanon, Irak, Suriah dan Yaman. Ghassemi mengatakan bahwa pernyataan itu merusak citra Yordania sebagai promotor perdamaian dan penstabil di Timur Tengah.

“Pernyataan tersebut tidak adil. Iran sangat berperan dalam stabilisasi keamanan di wilayah ini. Iran tanpa henti telah memerangi terorisme dan berkontribusi nyata  untuk membangun keamanan di wilayah ini,” ujar Bahram Ghassemi, seperti dilansir dari Al Jazeera, Senin, (29/1/18).

“Pernyataan tersebut hanya menguntungkan para penjilat, penjajah dan musuh yang tidak menginginkan terciptanya perdamaian, pembangunan ekonomi, integritas teritorial dan kedaulatan nasional negara-negara di kawasan paling sensitif di dunia ini,” tambahnya.

Pekan lalu, Raja Yordania Abdullah II memuji peranan Arab Saudi yang berhasil membatasi gerakan Iran di Timur Tengah. Raja Yordania mengatakan bahwa Arab Saudi telah aktif dan memiliki peran positif dalam menghadapi kebijakan agresif Iran di Yaman, Suriah, Irak dan Lebanon. (Baca juga : Raja Yordania Puji Peran Arab Saudi Batasi Gerak Iran di Timur Tengah)

“Arab Saudi, di bawah kepemimpinan Raja Salman bin Abdul Aziz memimpin peran proaktif yang belum pernah kita lihat sebelumnya di Timur Tengah untuk membatasi gerakan Iran,” ungkap Raja Abdullah II di Forum Ekonomi Dunia, di Davos, Swiss.

Raja Abdullah II menunjukkan campur tangan kebijakan Iran di sejumlah negara Arab dan memperingatkan bahaya intervensi Iran kepada kelompok milisi di Lebanon, Irak, Suriah dan Yaman yang memicu ketegangan sektariandi wilayah tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

Info Donasi : Dukung kami dengan cara donasi melalui Paypal di alamat : [email protected] atau BNI Syariah 0355770306, BCA 3121012381 an. Deli Hermanto. Dukungan anda sangat penting bagi operasional Moslemtoday.com 

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here