Iran mulai permainan perang Teluk, untuk uji coba rudal yang diluncurkan kapal selam

115

Moslemtoday.com : Iran pada hari Jumat memulai latihan angkatan laut skala besar di mulut Teluk, yang akan menampilkan peluncuran rudal jelajah kapal selam pertamanya, media pemerintah melaporkan, pada saat meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat.

Lebih dari 100 kapal ikut serta dalam pertandingan perang tiga hari di daerah luas yang membentang dari Selat Hormuz ke Samudra Hindia, kantor berita IRNA melaporkan.

“Latihan itu akan mencakup menghadapi berbagai ancaman, menguji senjata, dan mengevaluasi kesiapan peralatan dan personel,” komandan angkatan laut Laksamana Muda Hossein Khanzadi, mengatakan dalam sambutan yang disiarkan oleh televisi pemerintah.

“Peluncuran rudal kapal selam akan dilakukan… selain peluncuran helikopter dan drone dari dek perusak Sahand,” kata Khanzadi.

Media pemerintah mengatakan Iran akan menguji coba kapal selam Fateh (Penakluk) yang baru dibangun di dalam negeri yang dipersenjatai dengan rudal jelajah dan diluncurkan minggu lalu.

Para pejabat Iran di masa lalu telah mengancam untuk memblokir Selat Hormuz, rute pengiriman minyak utama, sebagai pembalasan atas tindakan permusuhan AS, termasuk upaya untuk menghentikan ekspor minyak Iran melalui sanksi.

Presiden AS Donald Trump menarik diri dari perjanjian internasional tentang program nuklir Iran Mei lalu dan menerapkan kembali sanksi terhadap Teheran. Dia mengatakan kesepakatan itu cacat karena tidak termasuk pembatasan pengembangan rudal balistik Iran atau dukungannya untuk proxy di Suriah, Yaman, Lebanon dan Irak.

Sumber : Reuters | Redaktur : Aris Abadi
Copyright © 1440 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here