Iran : Qatar Ingin Keluar dari Keanggotaan Dewan Kerjasama Teluk (GCC)

1365

Moslemtoday.com : Iran mengatakan bahwa Qatar ingin keluar dari keanggotaan Dewan Kerjasama Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC). Hal itu diungkapkan oleh Abdullah Suhrabi, Duta Besar Iran untuk Qatar dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Iran Jaam-e Jam, seperti dilansir dari Al-Arabiya, Selasa, (29/8/2017).

Al-Suhrabi mengatakan : “Informasi yang kami terima dari Qatar menunjukkan bahwa Emir Qatar ingin keluar dari GCC sejak permulaan krisis Teluk dimulai, namun dia masih menangguhkan keputusannya tersebut karena masih mendengar nasihat dari keluarganya”.

Al-Suhrabi juga mengatakan bahwa Qatar telah berusaha untuk memperbaiki kembali hubungan dengan Iran setelah renggang lebih dari delapan tahun dan bahwa pada awal tahun lalu sebenarnya Qatar enggan mengikuti keputusan Arab Saudi untuk memanggil kembali duta besarnya dari Teheran.

Al-Suhrabi menunjukkan isyarat itu bahwa ketika Qatar menjabat sebagai presiden GCC pada tahun 2007, Qatar mengundang mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad ke KTT Teluk, meskipun mendapat penolakan dari negara-negara anggota lainnya di GCC.

Al-Suhrabi menekankan bahwa Iran telah memutuskan untuk membuka kembali kedutaan Qatar di Teheran untuk menstabilkan kembali hubungan kedua negara. Al-Suhrabi mengungkapkan bahwa Doha dan Teheran meningkatkan kerjasama kembali untuk penguatan hubungan kedua negara khususnya di bidang ekonomi dan pertahanan.

Sementara itu, Duta Besar Qatar untuk Iran, Ali bin Ahmed Ali al-Sulaiti telah memulai kegiatannya di Teheran sejak Sabtu, (26/8/2017). Kantor berita resmi Iran melaporkan bahwa duta besar Qatar telah menyampaikan mandat diplomatiknya kepada Presiden Iran Hassan Rouhani dan Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qasimi, Qatarlah yang meminta Iran untuk menerima kembalinya duta besarnya ke Teheran dalam sebuah pembicaraan telepon antara menteri luar negeri Selasa lalu. Media Iran menyebut langkah Qatar ini sebagai kemenangan baru bagi Iran melawan hegemoni Arab di Timur Tengah dan melihatnya celah di front Arab.  (DH/MTD)

Redaktur : Deli Abdullah
Sumber : Al Arabiya

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here