Iran Sindir Putra Mahkota MBS : “Semut Ingin Bergulat dengan Seekor Elang”

1035

Moslemtoday.com : Kementerian Luar Negeri Iran menyindir pernyataan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman yang mengatakan bahwa kemungkinan perang antara Arab Saudi dengan Iran akan terjadi dalam waktu 10-15 tahun kedepan, jika dunia internasional tidak berhasil menekan Iran untuk membatalkan program nuklirnya.

Bahram Qassemi, Jubir Kemenlu Iran memperingatkan MBS untuk tidak bermain-main dengan kematian dan menyerukan Kerajaan Arab Saudi untuk “mengajarkan MBS” cara berpolitik dan mengingatkan bagaimana nasib mantan Presiden Irak Saddam Hussein yang berani menantang Iran.

“Inilah mimpi dari seorang anak muda yang baru besar, seorang anak yang belum tahu apa-apa, mau perang, atau belum belum mempelajari sejarah, atau mungkin ingin berbicara dengan orang yang terhormat (Khomeini),” ungkap Qassemi menyindir MBS, seperti dilandir dari Al Jazeera, Sabtu, (31/3/18).

Qassemi menambahkan : “Inilah semut yang berusaha bergulat dengan seekor elang, yang akhirnya buru-buru mati”. Qassemi kemudian meminta Ahli Bahasa Persia yang ada di keluarga kerajaan Saudi untuk mencarikan ayat yang sesuai untuk Putra Mahkota.

Sehari sebelumnya, Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad Bin Salman mengatakan bahwa perang dengan Iran sudah di depan mata. Putra mahkota MBS menyerukan kepada dunia internasional untuk kembali memberlakukan sanksi ekonomi dan tekanan terhadap rezim Iran untuk menghindari konflik militer.

“Kita terus berusaha untuk menghindari konflik militer. Namun jika kita tidak berhasil dalam apa yang kita coba lakukan, kita kemungkinan akan berperang dengan Iran dalam 10-15 tahun lagi,” ungkap Putra Mahkota MBS kepada The Wall Street Journal, seperti dilansir dari Al Arabiya.

Arab Saudi telah menjadi pengkritik utama atas “kesepakatan pemerintahan Obama dan Uni Eropa yang dibuat pada tahun 2015” untuk mencabut beberapa sanksi ekonomi terhadap Iran dengan imbalan Iran mau membatasi program nuklirnya.

“Namun dengan kesepakatan itu, Iran terus ikut campur dalam urusan Dunia Arab di Suriah, Irak, Lebanon dan menyelundupkan rudal balikstik kepada milisi Houthi di Yaman yang telah beberapa kali diluncurkan ke Arab Saudi,” ungkap Putra Mahkota MBS.

Di bawah kepemimpinan Raja Salman dan Putra Mahkota MBS, Arab Saudi telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran dan menyerukan kepada negara-negara di Timur Tengah dan Afrika untuk ikut membatasi hubungan mereka dengan Teheran. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera, Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here