Iran Tangkap Dubes Inggris, London : “Teheran Ingin Diisolasi!!”

389

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengecam keras penangkapan Duta Besar Inggris untuk Iran, Rob Macaire. Menurut laporan media Iran, Dubes Inggris ditahan selama beberapa jam karena dituduh mengorganisir dan berpartisipasi dalam aksi protes massa di Teheran.

Menlu Dominic Raab mengatakan meskipun Macaire ditahan hanya beberapa jam dengan tanpa alasan atau penjelasan merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional.

“Penangkapan Duta Besar kami di Teheran tanpa alasan atau penjelasan adalah pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional. Pemerintah Iran tengah berada di persimpangan jalan,” kata Dominic Raab, seperti dilansir dari Sputniknews, Ahad, (12/1/2020).

“Iran dapat melanjutkan perjalanannya menuju status terpisah dengan semua isolasi politik dan ekonomi yang menyertainya, atau mengambil langkah-langkah untuk mengurangi ketegangan dan terlibat dalam jalur diplomatik ke depan,” tambah Dominic Raab dalam pernyataannya.

Raab menegaskan jika Teheran tidak mengambil langkah-langkah diplomatik, negara itu mungkin menghadapi isolasi politik dan ekonomi lebih berat.

Sementara itu, Departemen Luar Negeri AS menyerukan permintaan maaf secara resmi kepada Inggris dari pihak Teheran. (DH/MTD)

Sumber : Sputniknews | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here