Iran Tuduh Arab Saudi, Israel dan Agen CIA Dalang Dibalik Aksi Demonstrasi anti-Rezim Rouhani

    662

    Moslemtoday.com : Seorang agen CIA adalah aktor utama dibalik aksi demonstrasi anti-Rezim di Iran dengan bantuan dari Israel dan Arab Saudi. Hal itu diungkapkan oleh Jaksa Agung Iran Mohammad Jafar Montazeri.

    “Perencanaan untuk aksi demonstrasi ini -yang diberi nama misi “Doktrin Konvergensi Konsekuensi”- sudah direncanakan sejak empat tahun yang lalu oleh seorang pejabat dari Central Intelligence Agency (CIA),” ungkap Jafar Montazeri, seperti dilansir dari Al Jazeera, Jumat, (5/1/18).

    “Operasi CIA dan agen yang berafiliasi dengan badan intelijen Mossad Israel harus bertanggung jawab atas aksi kerusuhan ini, sedangkan Arab Saudi berperan untuk membayar semua biaya dari target operasi tersebut,” tambahnya.

    Pemerintah AS telah membantah ikut campur tangan dalam demonstrasi tersebut dan CIA menolak untuk mengomentari tuduhan tersebut.

    Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan kelompok garis keras Syi’ah menyatakan bahwa aksi demonstrasi tersebut diprovokasi oleh kekuatan asing untuk merusak stabilitas dan keamanan di Iran. Khamenei menyebut musuh-musuh Iran menggunakan berbagai cara, uang, senjata dan kepentingan politik untuk menciptakan masalah bagi para pemimpin negara tersebut.

    Duta Besar Iran untuk PBB, Gholamali Khoshroo menuduh Amerika Serikat telah ikut campur tangan dalam urusan negaranya dengan memprovokasi para demonstran untuk menggulingkan rezim-Rouhani melalui serangkaian tweet presiden AS Donald Trump.

    “Pemerintahan AS saat ini telah melampaui batas dalam aturan dan prinsip hukum internasional yang mengatur perilaku beradab hubungan internasional,” ungkap Khoshroo dalam sebuah surat kepada PBB. (DH/MTD)

    Sumber : Al Jazeera, RT | Redaktur : Hermanto Deli
    Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

    comments

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here