Israel Bangun Tembok Bawah Tanah di Perbatasan Gaza

1016
Heavy machinery works near the Israeli border with the Gaza Strip, as seen from the Israeli side, September 8, 2016. REUTERS/Amir Cohen

Moslemtoday.com : Israel telah memulai pembangunan tembok bawah tanah di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza, Palestina. Langkah itu dilakukan untuk mengeblok masuknya militan asal Palestina lewat terowongan-terowongan bawah tanah buatan sendiri.

Pemerintah Israel telah menganggarkan dana sebesar ILS600 juta (setara Rp2,1 triliun) untuk pembangunan tembok beton bawah tanah tersebut. Total, tembok beton bawah tanah itu akan terentang sepanjang 65 kilometer (km). Demikian sebagaimana dilansir dari Reuters, Jumat (9/9/2016).

Saat ini, Israel sudah memiliki pagar pembatas di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza. Mereka juga telah meningkatkan teknologi untuk mengawasi titik-titik tertentu. Sebanyak 32 terowongan rahasia sudah berhasil dibongkar dan dua terowongan lainnya sudah berhasil ditemukan.

Semenjak blokade ke Jalur Gaza pada 2014, Israel berulang kali menuduh Hamas menyelundupkan militan lewat terowongan rahasia. Hamas berdalih terowongan bawah tanah tersebut untuk mengirimkan bahan kebutuhan pokok karena sejumlah krisis menerpa warga Palestina di Gaza.

Kementerian Pertahanan Israel menolak untuk mengomentari masalah ini. (DH)

Sumber : REUTERS

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here