Israel Blokade Pengiriman Bahan Bakar dan Gas ke Jalur Gaza

71
Israel Blokade Pengiriman Bahan Bakar dan Gas ke Jalur Gaza

Moslemtoday.com : Israel kembali memblokir pengiriman bahan bakar dan gas ke Jalur Gaza. Israel mengklaim pemblokiran tersebut dilakukan sebagai pembalasan atas pembakaran lahan Israel oleh warga Palestina.

Kementerian Pertahanan Israel mengumumkan larangan pengiriman gas dan bahan bakar memasuki Gaza melalui penyeberangan Kerem Shalom, titik utama masuknya bantuan internasional ke wilayah tersebut.

“Keputusan itu bertujuan untuk menghentikan warga Palestina merusak wilayah Israel. Keputusan telah diambil mengingat teror terus-menerus oleh warga Palestina di sepanjang pagar perbatasan,” kata pernyataan Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman, seperti dilansir dari Middle East Eye, Kamis, (2/8/2018).

Lieberman memerintahkan pemblokiran tersebut dan berlaku sejak Kamis, (2/8/2018) hingga waktu yang belum ditentukan, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Pada tanggal 9 Juli lalu, Israel juga menutup satu-satunya penyeberangan komersial ke Jalur Gaza sehingga menghentikan pasokan komoditas penting ke hampir dua juta penduduk. Penutupan itu juga mempengaruhi ekspor Gaza, yang membuat ekonomi semakin lumpuh akibat 12 tahun blokade.

Sejak 30 Maret 2018, warga Palestina di Jalur Gaza rutin melakukan aksi protes menuntut hak mereka untuk kembali ke tanah air tempat mereka diusir pada tahun 1948. Setidaknya 153 orang telah tewas oleh tembakan Israel selama aksi protes tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Eye, Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here