Israel Cabut Larangan Perjalanan Bagi Warga Indonesia Ke Jerusalem Sampai Setelah Idul Fitri

7325

Moslemtoday.com : Israel telah mencabut larangan perjalanan bagi pemegang paspor Indonesia sampai setelah Idul Fitri. Hal itu diungkapkan oleh sebuah biro travel Kristen pada hari Kamis kemarin kepada The Jakarta Post.

Andri Darmawan, pemilik biro travel Kristen “Galilea Tour” yang berbasis di Jakarta Utara mengatakan bahwa pemerintah Israel telah mengizinkan warga Indonesia untuk memasuki negara itu sampai dengan 26 Juni mendatang, seperti dikutip dari The Jakarta Post, Jumat, (8/6/2018).

Andri mengatakan dia telah menerima informasi dari GEMM Travel, sebuah biro travel Kristen yang berbasis di Israel, yang merilis sebuah surat resmi yang menyatakan bahwa Kementerian Luar Negeri Israel telah mengizinkan semua biro travel Indonesia untuk memasuki Israel sampai pada 26 Juni.

Sebelumnya, Israel melarang masuknya wisatawan yang memikiki Paspor asal Indonesia ke Jerusalem dan wilayah sekitanya. Larangan tersebut diambil sebagai aksi pembalasan dari Israel kepada pemerintah Indonesia yang melarang warga Israel memasuki Indonesia.

Setiap tahunnya, puluhan ribu umat Muslim dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia mengunjungi Masjid Al-Aqsa melalui Israel. Di samping itu, banyak dari umat Kristiani asal Indonesia yang melakukan ziarah ke tempat-tempat suci Kristen di Betlehem dan Jerusalem.

Sementara banyak orang Kristen dan Muslim telah menyatakan kekecewaan mereka atas keputusan Tel Aviv untuk melarang wisatawan Indonesia memasuki Israel, anggota komunitas kecil sekitar 250 orang Yahudi Indonesia tetap tidak terpengaruh. Rabbi Yohannes Elias dari Yayasan Eits Chaim Indonesia, yang mempromosikan pemahaman Yudaisme, menyesali larangan perjalanan karena pengaruhnya terhadap Kristen dan Muslim. (DH/MTD)

Sumber : The Jakarta Post | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here