Israel Khawatir Uni Eropa Akui Palestina Sebagai Negara Merdeka

124

Moslemtoday.com : Para pejabat Israel mulai mengkhawatirkan negara-negara anggota Uni Eropa secara resmi akan mengakui Palestina sebagai negara merdeka. Kekhawatiran itu muncul di saat penolakan Uni Eropa atas Proposal Perdamaian Trump yang dinilai melanggar legitimasi internasional dan Resolusi PBB atas konflik Israel-Palestina.

“Uni Eropa menyerukan keterlibatan yang lebih besar dalam upaya menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Menteri Luar Negeri Luksemburg Jean Asselborn berada di belakang inisiatif ini,” kata para pejabat Israel, seperti dilansir dari YNet, Senin, (17/2/2020).

Para menteri luar negeri UE mengadakan pertemuan pada pekan ini di mana konflik Timur Tengah akan dibahas untuk kedua kalinya dalam beberapa bulan terakhir. Para pejabat Israel khawatir bahwa reaksi keras terhadap Proposal Trump akan dirilis pada akhir pertemuan.

Tanggapan awal Uni Eropa atas Proposal Trump datang dalam sebuah pernyataan yang menyerukan resolusi untuk konflik Israel-Palestina berdasarkan solusi dua negara dan resolusi PBB sebelumnya, dengan mempertimbangkan keprihatinan dan aspirasi yang sah dari kedua warga Israel dan Palestina.

Sementara itu, Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell awal bulan ini mengeluarkan pernyataan yang memperingatkan Israel akan kemungkinan sanksi Uni Eropa jika Israel nekad melakukan aneksasi sepihak atas wilayah Tepi Barat.

Sedangkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan sekutu politiknya bersumpah untuk mencaplok permukiman di Tepi Barat bersama dengan Lembah Jordan dalam kampanye politiknya untuk pemilihan mendatang. (DH/MTD)

Sumber : YNet | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here