Israel Larang Wisatawan Asal Indonesia Masuk ke Jerusalem Sebagai Pembalasan Atas Visa Turis

1277
(sumber: indonesia.travel)

Moslemtoday.com : Israel melarang masuknya wisatawan yang memikiki Paspor asal Indonesia ke Jerusalem dan wilayah sekitanya. Larangan tersebut diambil sebagai aksi pembalasan dari Israel kepada pemerintah Indonesia yang melarang warga Israel memasuki Indonesia.

Dalam pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Emmanuel Nahshon mengatakan bahwa Israel telah mencoba untuk bernegosiasi dengan pemerintah Indonesia, namun upaya tersebut selalu gagal sehingga mendorong lahirnya larangan tersebut.

“Tidak ada hubungan diplomatik antara Israel dan Indonesia, tetapi kedua negara disebut mempertahankan hubungan ekonomi sehingga warga Israel dapat mengunjungi Indonesia menggunakan visa khusus atau bisnis. Awal bulan ini, muncul laporan bahwa Pemerintah Indonesia telah menolak memberikan visa turis kepada warga Israel sehingga tidak bisa memasuki Indonesia,” seperti dikutip dari Middle East Monitor, Kamis, (31/5/2018).

Setiap tahun, puluhan ribu umat Muslim dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia mengunjungi Masjid Al-Aqsa dengan menggunakan visa khusus melalui Israel. Di samping itu, banyak juga dari umat Kristiani asal Indonesia yang melakukan ziarah ke tempat-tempat suci bagi umat Kristen di Israel, seperti dikutip dari The Jakarta Post.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya telah menyerukan Pemerintah Indonesia untuk membangun hubungan formal antara Israel-Indonesia. Namun, Pemerintah Indonesia menolak seruan tersebut dan menyatakan bahwa syarat dibangunnya hubungan tersebut adalah Kemerdekaan Palestina dengan Jerusalem sebagai ibukotanya. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Monitor, The Jakarta Post | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here