Israel Luncurkan Satelit Mata-Mata Khusus Pantau Kawasan Timur Tengah

930
Israel Luncurkan Satelit Mata-Mata Khusus Pantau Kawasan Timur Tengah

Moslemtoday.com : Kementerian Pertahanan Israel telah berhasil meluncurkan Satelit Ofek 11. Satelit mata-mata generasi baru ini akan meningkatkan pengawasan dan dapat mengumpulkan informasi intelijen tentang kawasan Timur Tengah dan negara-negara lain di kawasan itu.

Peluncuran satelit Ofek 11 ke luar angkasa sukses dilakukan oleh Departemen Pertahanan Israel dan Aerospace Industries pada Selasa sore di pangkalan udara Palmahim, di pantai selatan dekat Tel Aviv, Israel. Demikian sebagaimana dilansir dari Haaretz, Kamis, (15/9/2016).

Satelit Ofek 11 dilaporkan mengorbit ke arah laut Mediterania dan disiapkan sebagai satelit mata-mata yang akan digunakan untuk mengumpulkan data di setiap titik di kawasan Timur Tengah.

Amnon Harari, kepala administrasi Departemen Pertahanan, dan Ofer Doron, CEO dari Israel Aerospace Industries, mengatakan satelit berhasil memasuki orbitnya dengan benar dan sudah mulai beroperasi.

Pejabat keamanan Israel mengatakan Ofek 11 adalah “satelit mata-mata paling canggih” yang dimiliki Israel saat ini. Seorang pejabat lain mengatakan satelit mata-mata itu bisa mengirim gambar-gambar berwarna dengan resolusi tinggi dan merelai gambar-gambar dari hampir seluruh dunia.

Dilansir dari NASA, saat ini Israel sudah memiliki sekitar 10 satelit militer di orbit, Ofek 11 merupakan satelit terbaru yang diluncurkan. Ofek-3 ditempatkan pada bulan April 1995 dan diikuti oleh Ofek-4 pada bulan Januari 1998, Ofek-5 pada Mei 2002, Ofek-6 pada bulan September 2004, Ofek-7 pada bulan Juni 2007 dan Ofek-9 pada bulan Juni 2010. Ofek, juga ditransliterasikan ofeq dari kata Ibrani yang berarti Horizon digunakan sebagai nama untuk satelit militer Israel.

Sumber : Haaretz | Jerusalem Post

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here