Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB Tidak Ada Gunanya?

637

JADI ANGGOTA TIDAK TETAP DK PBB?

Salah satu kesalahpahaman tentang menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB: sebagian dari kita mengira bahwa tidak ada gunanya di posisi tersebut. Jika anda termasuk yang berfikir demikian, maka anda salah.

  1. Memang Indonesia tidak punya veto. Tapi punya veto pun tidak akan membantu menguasai sidang. Veto hanya berfungsi membatalkan draft, bukan membuat.
  2. Belum lama ini Kuwait gagal bikin draft utk mengecam Israel akibat mayoritas sudah dukung tapi USA veto. Tapi ternyata USA juga bikin draft utk mengecam Israel, boro boro mau diveto yang lain. Beredar video delegasi USA di DK PBB ngemis dukungan. Sampai ke voting pun tidak karena ndak ada yang dukung.
  3. Memang DK PBB gagal menghentikan invasi USA ke Irak tahun 2003. Tapi tahukah bahwa tadinya hampir ada resolusi DK PBB yang mengotorisasi sanksi militer kepada Irak? Resolusi sokongan USA tsb gagal karena diveto oleh Perancis.
  4. Memang ada beberapa konflik di dunia yang mandeg akibat veto. Suriah, Rohingya, Palestina, dan itu amat menyakitkan hati kita. Biasanya yang nyebelin itu USA, Rusia, dan Cina. Akan tetapi konflik di dunia dan masalah perdamaian kebetulan ada banyak sekali. InshaaAllah banyak tempat di mana Indonesia dapat berkontribusi substantif dan positif.

Mungkin memang veto sangat buruk, saya setuju. DK PBB pun buruk. Oke. PBB juga, dan tatanan dunia internasional sekalian. Banyak dari kita yang punya mimpi ideal dengan beraneka aliran, mulai dari yang mau reformasi PBB sampe yang mau bubarkan PBB. Tapi sambil menunggu dan memperjuangkan mimpi tersebut, sebagian dari kita harus tetap berjuang memberikan manfaat walaupun sedikit. Dan kebetulan diplomat perannya di PBB sana.

Yah, dengan segala kekurangan dan kelebihannya, saya berdoa bahwa Indonesia bisa memberikan peran yang positif supaya kita bangga lah sama Indonesia.

Kritik saya banyak pada politik luar negeri Indonesia. Tapi ketika waktu S2 saya ketemu mahasiswa dari Bosnia, senyumnya sangat lebar dan tatapan matanya berbinar binar ketika tahu saya orang Indonesia.

We have done really good things.

PS: luar biasa kisah di balik senyum orang Bosnia tsb. Kapan-kapan saya cerita inshaaAllah

PPS: orang Bosnia-nya adalah IKHWAN

Oleh : Fajri Muhammadin 

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here