Jamaah Haji Qatar Mulai Memasuki Arab Saudi Melalui Jalur Perbatasan Salwa

866

Moslemtoday.com : Jamaah haji asal Qatar sudah mulai memasuki Arab Saudi pada hari Kamis, (17/8/2017) melalui perbatasan Salwa untuk menunaikan ibadah haji, beberapa jam setelah keputusan Raja Salman. Jalur Salwa merupakan gerbang perbatasan antara Arab Saudi-Qatar yang ditutup sejak pemberlakuan blokade Teluk terhadap Qatar pada 5 Juni 2017 lalu.

Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Muhammad bin Abdulrahman Al-Thani menyambut baik keputusan Arab Saudi untuk membuka kembali perbatasan kedua negara bagi jamaah haji Qatar yang akan melakukan perjalanan darat. Demikian pernyataan Sheikh Al-Thani dalam sebuah konferensi pers di Stockholm, seperti dilansir dari Al Arabiya.

Para jamaah mengaku gembira atas semua fasilitas yang telah diberikan kerajaan Saudi bagi perjalanan haji mereka. Raja Salman telah memerintahkan untuk membuka blokade tersebut sehingga dapat memudahkan perjalanan para jamaah haji. Raja Salman juga memberikan kemudahan bagi jamaah haji Qatar yang melalui jalur tersebut tanpa perlu menggunakan detektor elektronik.

Keputusan Kerajaan ini datang setelah terjadinya pertemuan antara Sheikh Abdullah bin Ali bin Abdullah bin Jassem Al Thani dari Qatar dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman di Istana As-Salam, Jeddah, Rabu malam, (16/8/2017).

Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud juga memerintahkan pengiriman pesawat pribadi milik Saudia Arabian Airlines ke Doha, Qatar untuk menjemput para jamaah haji Qatar dan menanggung semua biaya yang dibutuhkan dalam perjalanan tersebut.

Raja Salman juga memerintahkan pengangkutan semua jamaah haji Qatar dari Bandara Internasional King Fahd di Dammam dan juga Bandara Internasional Al-Ahsa secara gratis dan diperlakukan sebagai tamu kerajaan dan merupakan bagian dari program tahunan Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud untuk jamaah haji dan umrah. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here