Jepang Desak Koalisi Pimpinan AS di Timur Tengah Hormati Diplomasi

54

Moslemtoday.com : Jepang mendesak Koalisi Internasional pimpinan AS di Timur Tengah untuk menghormati diplomasi. Jepang menolak terlibat dalam operasi militer di Timur Tengah karena dibatasi oleh Konstitusi Jepang. Jepang menekankan upaya diplomatik untuk mengurangi ketegangan antara AS-Iran di wilayah tersebut.

“Kami akan melakukan upaya diplomatik yang konsisten untuk meredakan ketegangan dan menstabilkan situasi di kawasan itu,” kata Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono, seperti dilansir dari Sputniknews, Jumat, (17/1/2020).

“Hampir 90 persen impor minyak mentah Jepang berasal dari Timur Tengah dan lebih dari 80 persennya melalui Selat Hormuz dan Teluk Oman, jadi itu kepentingan Jepang untuk menjaga keamanan navigasi di perairan ini,” tambah Kono.

“Kami memiliki beberapa batasan konstitusional, jadi kami tidak akan berpartisipasi dalam operasi militer Amerika atau Eropa, tetapi kami akan berkomunikasi erat dengan AS sebagai sekutu,” ungkap menteri Jepang tersebut.

Di tengah serangkaian serangan terhadap kapal tanker minyak di Teluk Oman dan Selat Hormuz tahun lalu, AS menyerukan pembentukan koalisi internasional di daerah itu untuk memastikan perjalanan laut yang aman untuk kapal-kapal komersial. (DH/MTD)

Sumber : Sputniknews | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here