Jerman Nyatakan Turki Tidak Boleh Menjadi Anggota Uni Eropa

917

Moslemtoday.com : Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan bahwa dia akan meminta Uni Eropa untuk membatalkan perundingan masuknya Turki menjadi anggota Uni Eropa di tengah semakin meningkatnya ketegangan antara ke dua negara.

“Saya tidak melihat mereka pernah bergabung dan saya tidak pernah percaya hal itu akan terjadi,” ungkap Merkel saat debat di televisi dengan Martin Schulz dari Partai Sosial Demokrat (SPD).

Merkel menambahkan bahwa dia akan berbicara dengan rekan-rekannya dari UE untuk melihat apakah “kita dapat mengakhiri perundingan keanggotaan ini”.

Sikap keras Merkel terjadi setelah Turki kembali menahan dua warga Jerman dalam sepekan terakhir ini “karena alasan politik”.

Hubungan Turki dan Jerman mulai memanas sejak Presiden Tayyip Erdogan menangkapi para musuh politiknya usai terjadinya kudeta gagal pada Juli tahun lalu. Presiden Erdogan juga menuntut Jerman karena melindungi komplotan kudeta tahun lalu, juga militan Kurdi dan teroris, dan menuntut ekstradisi mereka.

Selain itu, Presiden Erdogan juga menyerukan kepada warga Jerman keturunan Turki untuk memberikan suara melawan konservatif Merkel dan mitra koalisi mereka, Demokrat Sosial, pada pemilihan 24 September mendatang yang semakin memicu ketegangan di antara ke dua negara. (DH/MTD)

Redaktur : Deli Abdullah
Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here