Jerman Serukan Uni Eropa untuk Tidak Bergantung Lagi kepada Amerika Serikat

3210

Moslemtoday.com : Kanselir Jerman Angela Merkel telah memperingatkan Uni Eropa untuk tidak bergantung lagi kepada “negara adikuasa” Amerika Serikat. Jerman dan Amerika Serikat yang merupakan sekutu transatlantik telah terlibat perang kata-kata dalam seminggu terakhir karena pertahanan dan perdagangan transatlantik.

“Kita tidak bisa lagi terus bergantung kepada adikuasa Amerika Serikat,” ungkap Merkel pada konferensi pers di Berlin, seperti dilansir dari Russia Today, Jumat, (20/7/2018).

Selama kunjungan ke Inggris pekan ini, Presiden AS Donald Trump menyindir anggota-anggota NATO. Trump menyebut Jerman sebagai boneka Rusia, dan menyatakan bahwa Uni Eropa sebagai musuh dagang Amerika Serikat.

“Untuk mempertahankan kemitraan kita dengan AS, kita harus memikirkannya kembali. Tujuan yang jelas adalah bahwa kita perlu mempererat kerjasama kita sesama Eropa,” ungkap Merkel.

“Masa kita harus bergantung pada orang lain di saat kita mampu melakukannya. Sudah saatnya kita warga Eropa benar-benar harus bisa mengandalkan diri sendiri. Kita harus menjalin hubungan tetangga yang baik sedapat mungkin, juga dengan Rusia dan negara-negara lain. Kita harus berjuang untuk masa depan kita dan nasib kita sendiri sebagai orang Eropa,” tegas Merkel. (DH/MTD)

Sumber : Russia Today | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here