Jokowi Buka Izin Investasi Bagi Industri Miras, Netizen Jadi Keingat KH. Ma’ruf Amin

799

Moslemtoday.com : Presiden Jokowi membuka izin investasi untuk industri minuman keras (miras) atau beralkohol dari skala besar hingga kecil. Syaratnya, investasi hanya dilakukan di daerah tertentu.

Ketentuan ini tertuang di Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang diteken kepala negara pada 2 Februari 2021. Aturan itu merupakan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“Persyaratan, untuk penanaman modal baru dapat dilakukan pada provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Papua dengan memperhatikan budaya dan kearifan setempat,” tulis lampiran III perpres tersebut, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat, (26/2/2021).

Izin dan syarat yang sama juga berlaku untuk industri minuman mengandung alkohol anggur. Dengan izin ini, industri miras bisa memperoleh suntikan investasi dari investor asing, domestik, koperasi, hingga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Tak hanya mengatur soal investasi ke industri miras, Jokowi juga memberi restu investasi bagi perdagangan eceran miras atau beralkohol masuk daftar bidang usaha yang diperbolehkan dengan persyaratan tertentu.

“Bidang usaha perdagangan eceran minuman keras atau beralkohol, persyaratan jaringan distribusi dan tempatnya khusus. Bidang perdagangan eceran kaki lima minuman keras atau beralkohol, persyaratan jaringan distribusi dan tempatnya khusus,” tulis daftar 44 dan 45 pada lampiran III.

Menanggapi Perpres tersebut, netizen ramai mengkritik keputusan tersebut dan menyindir Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. “Wakilnya itu bekas ketua MUI loh, Wakilnya itu dari kalangan orang yang mengerti agama loh. Pemimpinya juga pas mau nyalon sibuk pakai sarung dan peci yang paling rapih, bahkan sibuk cari posisi untuk jadi imam. Lah kenapa sekarang malah biarin miras makin melenggang di negeri ini,” sindir netizen.

“Pak Wapres kemana? ga ada suara nya. Kok tiba-tiba teringat sama bapak wakil president ya???,” tulis netizen yang lain.

Sumber : CNNIndonesia.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here