Jokowi: Pemerintah Jamin Pendidikan Putra-putri Prajurit KRI Nanggala-402 hingga Jenjang S1

37

Moslemtoday.com : Presiden Jokowi menyatakan pemerintah akan memberikan jaminan pendidikan bagi anak-anak dari 53 prajurit yang gugur di KRI Nanggala-402. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

“Pemerintah akan menjamin pendidikan dari putra-putri prajurit KRI Nanggala-402 hingga jenjang pendidikan S1,” ujar Jokowi dalam keterangan pers daring, Senin, 26 April 2021.

Jokowi menyebutkan, semua awak kapal merupakan putra-putra terbaik bangsa. “Mereka adalah putra-putra terbaik bangsa, patriot terbaik penjaga kedaulatan negara,” tuturnya.

Jokowi mengatakan, pengabdian 53 prajurit TNI Angkatan Laut di KRI Nanggala-402 akan terpatri di sanubari seluruh rakyat Indonesia. “Semoga arwah prajurit-prajurit Hiu Kencana tersebut mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan kesabaran dan ketabahan,” ujarnya.

KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam setelah hilang kontak di perairan utara Bali sejak Rabu lalu, 21 April 2021. Tim pencari menemukan sejumlah bukti otentik yang menunjukkan KRI Nanggala-402 karam pada kedalaman 838 meter dan badan kapal terbelah jadi tiga bagian.

Pada Sabtu sore, 25 April, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan 53 awak dalam kapal buatan Jerman tahun 1978 tersebut telah gugur.

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada TNI, Polri, Basarnas, Bakamla, BPPT, KNKT, serta seluruh unsur yang telah berupaya maksimal dalam menemukan KRI Nanggala-402.

“Dan terima kasih, penghargaan juga saya sampaikan atas bantuan dari negara-negara sahabat dalam upaya, kerja sama dan kerja keras dalam upaya pencarian KRI Nanggala-402,” tutur Jokowi.

Sumber : TEMPOKompas

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here