Jubeir: Para pemimpin dunia akan menyadari bahwa seharusnya Iran bertindak sebagai negara, bukan pengekspor revolusi

101
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir berbicara selama konferensi pers setelah kesimpulan dari tiga KTT Mekah. (Al Arabiya)

Moslemtoday.com:  Menteri Negara Urusan Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, mengatakan kepada wartawan bahwa dunia akan sampai pada kesimpulan tentang perlunya menekan Iran untuk mematuhi hukum internasional dan berperilaku selayaknya sebuah negara bukan pengekspor revolusi

“Saya pikir dunia akan sampai pada kesimpulan dan memutuskan dari pertimbangan Iran untuk menyetujui hukum internasional dan bertindak atas negara melancarkan revolusi, dan membahas revolusi ekspor yang diabadikan dalam konstitusi,” kata Al-Jubeir untuk para peneliti setelah melaporkan dari tiga KTT Mekah yang diadakan selama dua hari terakhir.

Ditanya tentang bagaimana pesan Teluk, Arab dan Islam tentang Iran, al-Jubeir mengatakan dengan jelas dari mempertimbangkannya tentang kegiatan destabilisasi Iran meningkatkan seluruh wilayah dan tidak hanya Teluk Arab, terutama serangan baru di jaringan pipa minyak Saudi dan kapal dari pantai UEA.

“Komunitas Islam menentang Iran dan mengatakan Iran harus sudah cukup. Jika Anda ingin negara yang disetujui, maka Anda harus menyetujui kebijakan yang akan mengarah pada rasa puas pihak lain. Membunuh para diplomat, membom kedutaan, mencari sel-sel teror di negara yang lain, menyelundupkan senjata dan bahan peledak, mendukung milisi, meluncurkan rudal balistik di kota-kota lain, semua ini bukan mendukung negara yang ingin mendapatkan rasa hormat dari negara-negara tetangganya, ”kata Jubeir.

Liga Arab dan Dewan Kerja Sama Teluk meminta Iran untuk meminta kembali perannya di kawasan itu, Sekretaris Jenderal Liga Arab mengatakan kepada wartawan setelah menyimpulkan dari dua KTT darurat yang diadakan di Mekah.

KTT darurat datang setelah serangan drone pada instalasi minyak di Arab Saudi dan serangan terhadap empat kapal, termasuk dua kapal tanker minyak Saudi, di lepas pantai Uni Emirat Arab.

Raja Arab Saudi Raja Salman mengatakan pada pertemuan darurat Teluk Arab pada hari Kamis tentang pengembangan rudal balistik pembangkit tenaga nuklir dan Iran menjamin keamanan regional dan global.

Sumber: Al Arabiya Bahasa Inggris  | Redaktur: Syaugi

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here