Kakankemenag Dampingi Walikota Salurkan Zakat Program Padang Panjang Makmur, Cerdas, Sehat dan Peduli

26

Padang Panjang, Humas_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga dampingi Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran Datuak Paduko Malano dan berikan Tausiyah dalam kegiatan penyaluran Dana Zakat Program Padang Panjang Makmur, Cerdas, Sehat dan Peduli dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Masjid Tauhid Kota Padang Panjang, Selasa (28/09/2021)

Dalam Tausiyahnya Buya H. Alizar menyampaikan bahwa, “ada yang penting diketahui dalam hal Memulai Bisnis atau Usaha, Pertama Berusahalah dari sumber yang Halal; Kedua Jangan ditempat yang haram; Ketiga Jangan bercampur dengan yang haram; karena Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba, ujarnya. Keempat, Jika sampai harta tersebut senisab, maka keluarkanlah zakatnya; dan Kelima Hendaklah bersedekah dalam kondisi sempit maupun lapang,” jelasnya.

Setidaknya Tujuan Zakat ada 3 yaitu Pertama untuk orang yang mengeluarkan zakat (Muzakki) guna membersihkan hartanya dan ketika tidak dikeluarkan maka hartanya tidak suci; Sedangkan Kedua untuk orang yang menerima zakat (Mustahik) gunanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; Ketiga untuk merubah kehidupan masyarakat secara global kearah yang lebih baik,” tutur Kakankemenag.

Sementara Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran Datuak Paduko Malano ketika menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Padang Panjang kepada masyarakat menyampaikan, “semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat warga Kota Padang Panjang yang terdampak Covid-19,” ujarnya.

“Begitupun untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah menyalurkan zakatnya kepada BAZNAS Kota Padang Panjang baik itu dari Pegawai Pusat (Vertikal) maupun Pegawai Daerah mendapat berkah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan menerima Balasan surga Insyaallah,” tukasnya.

Hadir sebanyak 130 orang yang berhak menerima zakat (Mustahik) yang diselenggarakan pembagiannya di Masjid Tauhid Kota Padang Panjang.

Turut hadir mendampingi Walikota dan Kakankemenag Kota Padang Panjang Ketua BAZNAS Kota Padang Panjang Syamsuarni beserta pengurus lainnya, Penyelenggara Zakat Wakaf Kankemenag Kota Padang Panjang Basri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Pemko dan Kankemenag serta tokoh masyarakat Kota Padang Panjang.(Adi)

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here