Kakankemenag Khatib Jum’at Perdana, Walikota Resmikan Masjid Ummul Khalisah

38

Padang Panjang, Humas_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. ALIZAR Datuak Sindo Nan Tongga didampingi Kasi Bimas Islam H. Syaiful Arifin menghadiri peresmian Masjid Ummul Khalisah dan langsung didaulat sebagai Khatib pada Sholat Jum’at Perdana, Jum’at (21/01/2022).

Selesai peresmian Masjid Ummul Khalisah secara resmi oleh Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran Datuak Paduko Malano, langsung digelar Shalat Jum’at Perdana dimana Kakankemenag Kota Padang Panjang langsung bertindak sebagai Khatib Shalat Jum’at.

“Dengan diresmikannya Masjid Umul Khalisah, ini merupakan Masjid yang ke 48 di Kota Padang Panjang,” ujar Buya Alizar dalam sambutannya.

Sementara itu Walikota Padang Panjang dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “dengan luas wilayah Kota Padang Panjang yang hanya 23 km persegi dan jumlah penduduk hampir 60 ribu jiwa, kita telah memiliki 48 Masjid, ini merupakan Rasio tertinggi di Sumatera Barat,” tuturnya.

Adapun judul khutbah Buya H. ALIZAR tentang Fungsi Masjid di Minangkabau dalam mewujudkan Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Diantaranya ada empat fungsi Masjid di Minangkabau: Pertama sebagai tempat Ibadah; Kedua sebagai Tempat Pendidikan (Tarbiyah); Ketiga sebagai Tempat Sosial dan Keempat sebagai tempat belajar Ekonomi (Bisnis),” jelas Buya Alizar.

“Tempat ibadah telah kita maklumi diantara fungsi Masjid adalah untuk Sholat, sedangkan tempat pendidikan seperti adanya Taman Pendidikan Al-Qur’an/Madrasah Diniyyah Awaliyah (TPA/MDA),” terangnya.

“Sedangkan terkait fungsi sosial dan ekonomi, dimana Masjid di Minangkabau difungsikan juga sebagai tempat belajar Silat dan Pidato atau Petatah dan Petitih Adat Minangkabau. Kemudian ditambah lagi belajar jual beli langsung yang nantinya diharapkan lahirnya Saudagar dari anak kemenakan dari Minangkabau,” tukasnya.

Jama’ah Jum’at menyaksikan dengan Khusyuk pemaparan khatib di Masjid Ummul Khalisah Padang Panjang dan pengurus pun bertekad untuk mewujudkan itu semua.(Adi)

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here