Kakankemenag Narasumber Bimtek Kepramukaan Kota Padang Panjang

    42

    Padang Panjang, Humas_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga menjadi Narasumber dalam kegiatan Bimtek Kepramukaan bagi Kamabigus dan Pembina Pramuka se Kota Padang Panjang di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang, Senin (27/09/2021).

    Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran Datuak Paduko Malano lansung membuka kegiatan ini secara resmi yang dihadiri oleh Ketua Kwartir Cabang 12 Kota Padang Panjang H. Novi Hendri, Kakankemenag Buya H. Alizar, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang M. Ali Tabrani beserta Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan) atau Pembina Pramuka dari Sekolah dan Madrasah se Kota Padang Panjang sebagai pangkalan gerakan Pramuka Pertama.

    Dalam kegiatan Bimtek Kepramukaan ini Kakankemenag Kota Padang Panjang didaulat sebagai Narasumber bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang

    Ketua Kwarcab 12 Kota Padang Panjang H. Novi Hendri yang juga merupakan Anggota DPRD Kota Padang Panjang dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “kegiatan Bimtek Kepramukaan ini diikuti oleh Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan) dan Pembina Pramuka se Kota Padang Panjang,” ujarnya.

    “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengingatkan kembali tugas Kamabigus di Sekolah/Madrasah atau Kelurahan,” tuturnya.

    Sementara itu Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran Datuak Paduko Malano selaku Ketua Majelis Pembina Pramuka Kwarcab 12 Kota Padang Panjang dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “sangat setuju dengan Ketua Kwarcab 12 Kota Padang Panjang yang telah menyelenggarakan kegiatan Bimtek ini dalam pengisian kapabilitas membangun negeri dengan motto berbakti tanpa henti,” ujarnya.

    “Melalui gerakan Pramuka ini mencerminkan bahwa pendidikan itu bukan hanya nilai-nilai akademik, tapi yang lebih penting adalah aplikasi dilapangan seperti membiasakan budaya antri dan itu ada pada anggota Pramuka,” tuturnya.

    Mengakhiri sambutannya, Walikota Padang Panjang berpesan bahwa jiwa kepemimpinan itu harus ada pada Pembina, Pembimbing dan Anggota Pramuka dan itu menjadi tanggungjawab kita semua khususnya Kamabigus dan Pembina Pramuka di Sekolah/Madrasah atau Kelurahan,” tukasnya.

    Setelah kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Walikota Padang Panjang, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Narasumber.

    Kakankemenag Kota Padang selaku Narasumber yang pertama menyampaikan materi yang berjudul “Peran Pendidikan Kepramukaan Bagi Generasi Muda.”

    Dalam penyampaian materinya dihadapan peserta kursus orientasi sedang dan Bimtek Kepramukaan, Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga menyampaikan bahwa, “Pendidikan Pramuka itu hal yang penting bagi generasi muda,” ujarnya.

    “Setidaknya 6 hal harus dimiliki oleh Kamabigus, Pembina dan Anggota Pramuka, Pertama Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa; Kedua Berakhlak mulia; Ketiga Cinta Alam Semesta; Keempat Cinta Tanah Air; Kelima Solidaritas antara sesama anggota; dan yang Keenam Meningkatkan Kompetensi,” jelasnya.

    “Untuk Lengkapnya telah tertuang dalam Dasa Dharma Pramuka yang harus diamalkan oleh Kamabigus, Pembina dan Anggota Pramuka,” tuturnya.

    Selesai pemaparan materi oleh Kakankemenag, dilanjutkan pemaparan materi yang kedua oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang oleh M. Ali Tabrani.

    Kakankemenag Kota Padang Panjang mohon diri dari acara Bimtek di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang untuk selanjutnya menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Padang Panjang. (Adi)

    comments

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here