Kakanwil Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Padang Panjang

25

Moslemtoday.com : Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Masjid Taqwa Kauman Muhammadiyah Kota Padang Panjang, Kamis (14/06/2021)

Kegiatan Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh Jamaah Haji Kota Padang Panjang yang batal berangkat dan jajaran Kemenag Kota Padang Panjang, Kepala Seksi, Penyelenggara, Analisis Kepegawaian, Perencana, Pengawas, Kepala KUA, Penghulu, Penyuluh Fungsional, JFT dan JFU.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Endang Sriyani mengucapkan terimakasih kepada seluruh jamaah yang telah mengikuti kegiatan Sosialisasi ini dan berharap jama’ah bisa menyimak dengan seksama penjelasan dari Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat dan Kakankemenag Kota Padang Panjang

Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat H. Syamsuir hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa skema Haji 1442 Hijriyyah/2021 Masehi hanya untuk warga negara Saudi dan warga Ekspatriat (Muqimin).

Keputusan ini diambil menimbang keselamatan dan keamanan jemaah haji dari Ancaman Covid-19 yang belum mereda.

Senada dengan hal itu, Pemerintah Republik Indonesia juga menyampaikan bahwa keselamatan dan keamanan jemaah selalu menjadi pertimbangan utama.

“Marilah kita jama’ah haji yang batal berangkat tahun ini tetap bersabar dan tawakkal karena ini adalah takdir Allah, sehebat apapun persiapan manusia jika Allah tidak berkehendak maka tidak akan terjadi dan begitu pun sebaliknya.” Kata Syamsuir.

“Kita berharap semoga pandemi ini segera sirna dari permukaan bumi Allah ini dengan memperbanyak taubat kepada Allah, karena turunnya wabah atau azab karena maksiat. Dan Allah akan angkat jika kita bertaubat ,” tutur Syamsuir dalam sambutannya

Sementara Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang mengulas sambutan Kakanwil juga berharap kepada seluruh Jamaah agar tidak mudah terpancing dengan berita bohong (Hoax).

“Kita harus mampu bersabar Jama’ah semuanya yang saya hormati, untuk antri sekian belas tahun saja kita mampu bersabar, kenapa tidak untuk saat ini,” tutur Gusman.

Selain Sosialisasi Tetang KMA Nomor 660 Tahun 2021, pada kesempatan ini Kakankemenag juga menghimbau kepada jamaah semuanya menyukseskan program Pemerintah Republik Indonesia dalam Vaksinasi sebagai upaya Pencegahan Covid-19 dan tetap menerapkan Protokoler Kesehatan 5 M yakninya Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan serta Mengurangi Mobilitas sesuai Himbauan Bapak Menteri Agama RI.

Jama’ah Peserta kegiatan sosialisasi sangat antusias mendengarkan paparan Bapak Kakanwil dan Bapak Kakankemenag serta penjelasan Kasi PHU.

Semua Jama’ah sangat merasa puas dengan penjelasan yang ada dan berharap bisa berangkat di tahun depan Haji 1443 Hijriyyah/2022 Masehi.

“Kami sabar dan tabah dengan ketentuan Allah bahwa kami belum diizinkan berangkat ke tanah suci tahun ini, mudah-mudahan pemerintah tetap memberikan motivasi dan edukasi untuk kami jama’ah,” kata Hasan salah seorang jamaah.

Menutup kegiatan ini Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Endang Sriyani, berharap juga kepada Jamaah agar sering berkomunikasi dengan kami di Kemenag Kota Padang Panjang terkait Haji dan Umrah atau hal lainnya yang menjadi tugas kami di Kementerian Agama.

“Terimalah informasi dari sumber yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan, jangan mudah percaya dengan isu yang berkembang di Media Sosial. Kami siap memberikan informasi yang akurat kepada Bapak/Ibu jama’ah sekalian, tutur Endang.” (Adi)

Sumber : Humas Kemenag Padang Panjang

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here