Kalahkan Trump, Obama kembali menjadi sosok yang paling dikagumi di AS

1100

Moslemtoday.com : Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama kembali mengalahkan Trump sebagai sosok yang paling dikagumi di Amerika berdasarkan polling yang dilakukan oleh Gallup Poll AS.

Obama telah menduduki puncak survei selama 10 tahun berturut-turut, sejak 2008 saat dia pertama kali terpilih sebagai presiden AS.

Presiden AS saat ini, Donald Trump berada di urutan kedua setelah Obama dengan memperoleh 14 % suara. Sementara Obama memimpin dengan perolehan 17 % suara. Namun angka ini menurun jika dibandingkan tahun lalu. Pada 2016, Obama memimpin 22%, sementara Trump 15%.

Paus Francis adalah orang ketiga yang paling dikagumi di AS tahun ini sebesar 3%, dibawah Paus ada senator Arizona John McCain dengan angka 2%.

Sementara itu, Hillary Clinton, yang kalah dalam pemilihan presiden AS melawan Donald Trump, menjadi sosok wanita Amerika yang dipaling dikagumi dengan total suara 9% responden Gallup.

Hasil polling itu cukup membuat dia unggul 2 poin dari Michelle Obama dan lima poin di depan Oprah Winfrey yang berada di posisi ketiga. Senator Massachusetts Elizabeth Warren memperoleh 3% suara, tepat di depan kanselir Jerman, Angela Merkel, dan Ratu Elizabeth II, keduanya 2%. Sedangkan Melania Trump hanya mendapatkan 1% suara.

Jajak pendapat Gallup atau lebih dikenal dengan nama Gallup Poll merupakan suatu jajak pendapat yang dilakukan oleh The Gallup Organization dan seringkali digunakan oleh media massa dalam menggambarkan opini publik. Jajak pendapat Gallup dinamakan berdsarakan nama penemunya yaitu George Gallup seorang ahli statistik yang berasal dari Amerika.

Jajak pendapat Gallup ini sudah ada sejak tahun 1930-an. Dalam sejarahnya, Organisasi Gallup ini mengukur dan meneliti sikap publik terhadap permasalahan politik, sosial, dan ekonomi termasuk juga atas hal-hal yang kontroversial. (DH/MTD)

Sumber : The Guardian, Gallup Poll | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2017) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here