Kapal Induk Angkatan Laut AS Diserang COVID-19, Ribuan Kru Dievakuasi

2445

Moslemtoday.com : Kapal induk “Theodore Roosevelt” milik Angkatan Laut AS diserang oleh virus corona (COVID-19). Lebih dari 100 kru telah dinyatakan positif Covid-19. Ada lebih dari 4.000 orang di kapal perang tersebut dan saat ini sedang dievakuasi ke Pulau Guam, di Samudra Pasifik.

Kapten Brett E. Crozier menguraikan situasi mengerikan yang sedang berlangsung di atas kapal perangnya. Dia menggambarkan situasi ini sebagai kegagalan Amerika dalam memerangi virus sehingga berhasil menyerang aset paling penting milik Angkatan Laut AS.

“Kami tidak berperang. Para kru tidak perlu mati. Jika kita tidak bertindak sekarang, kita akan gagal untuk merawat dengan baik aset kita yang paling tepercaya, para kru kita,” kata Kapten Crozier, seperti dilansir dari NY Times, Kamis, (2/4/2020).

Kapten Brett E. Crozier mengatakan telah meminta bantuan Pentagon untuk mengevakuasi dan mengakomodasi seluruh kru saat menjalani karantina di Pulau Guam.

Dikutip dari CNN, Pejabat Sekretaris Angkatan Laut AS, Thomas Modly mengatakan bahwa Kapal induk “Theodore Roosevelt” memiliki senjata nuklir di atasnya, memiliki ribuan amunisi, ratusan jet tempur, dan pembangkit listrik tenaga nuklir. “Diperlukan sejumlah kru di kapal untuk menjaga keselamatan dan keamanan kapal,” ungkap Modly.

Wabah COVID-19 di kapal induk AS meningkat dengan cepat. Hingga saat ini, dilaporkan lebih dari 800 orang anggota militer AS telah terinfeksi virus corona.

Dikutip dari data Worldometer, AS telah mengalami wabah covid-19 paling parah di dunia saat ini. Pada Kamis, 2 April 2020 tercatat 215.300 orang dinyatakan positif, sebanyak 5.110 orang telah meninggal dunia dan 8.878 dinyatakan sembuh. (DH/MTD)

Sumber : NY Times, CNN | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here