Kapolri: Bom Surabaya Instruksi ISIS yang Sedang Terdesak

513

Moslemtoday.com : Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan rentetan bom yang meledak di Surabaya, Jawa Timur, sejak Minggu (13/5) merupakan instruksi dari kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang sedang terdesak di sejumlah negara.

Rangkaian bom di Surabaya diduga dilakukan oleh Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang merupakan sel ISIS di Indonesia.

“Kemungkinan motif terkait karena ada instruksi dari ISIS sentral yang mereka terdesak dan kemudian memerintahkan sel-sel lain di seluruh dunia bergerak,” kata Tito dalam jumpa pers di Polda Jawa Timur, Senin (14/5)

ISIS memang sedang terdesak dalam sejumlah perang di Timur Tengah. Kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi ini harus meninggalkan sejumlah wilayah kekuasaannya di Suriah dan Irak.

Indikasi peran ISIS dalam teror bom di Surabaya, kata Tito diperkuat oleh serangan teror yang terjadi di Paris, Perancis, beberapa hari lalu. “Pelakunya menggunakan pisau, satu meninggal, empat luka, termasuk pelaku ditembak polisi di Paris,” ujar Tito.

Peran ISIS tersebut merupakan faktor pemicu dari luar. Sementara faktor pemicu dari dalam negeri, Tito menyebut sebagai aksi pembalasan terhadap perlakuan yang diterima oleh pimpinan JAD, Aman Abdurrahman.

Aman sempat bebas pada Agustus lalu setelah mendapat remisi lima bulan Namun, belum sempat menghirup udara bebas, Aman langsung dibawa oleh Tim Densus 88 dari Lapas Nusakambangan ke Jakarta untuk diperiksa keterlibatannya dalam sejumlah kasus teror bom termasuk di kawasan Thamrin, Jakarta.

“Diduga ada pembalasan dari JAD karena pimpinannya Aman Abdurrahman yang Agustus lalu dibebaskan kemudian ditangkap kembali,” kata Tito.

Catatan : Pasca mengalami kekalahan di Suriah, Beberapa waktu lalu ISIS menyerukan jaringan/pengikutnya untuk melakukan serangan di seluruh dunia. Baru-baru ini, ledakan bom telah mengguncang Kabul, St. Petersbug Rusia, New York, Somalia, Paris, dan sekarang Indonesia.

Sumber : CNN Indonesia, NY Times

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here