Kapolri: Pelaku Bom Astana Anyar Bandung Mantan Napi Teroris dan Perakit Bom

153

Moslemtoday.com : Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengungkap identitas pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022) adalah Agus Sujatno alias Agus Muslim. Agus Sujatno merupakan warga Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batu Nunggal, Bandung.

“Hasil sidik jari dan face recognition identik menyebutkan identitas pelaku adalah Agus Sujatno,” kata Listyo dalam konferensi persnya seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Listyo menyebut Agus terafiliasi jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Barat. Menurutnya, Agus masih berstatus ‘merah’ meski telah bebas dari penjara. “Pelaku terafiliasi JAD Bandung atau JAD Jawa Barat,” ujarnya.

Sebagai informasi, Agus pernah ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri dalam kasus bom panci di Taman Pendawa, Kelurahan Arjuna, Cicendo, Bandung, pada 2017 lalu.

Agus diproses hukum dan divonis empat tahun penjara. Ia ditahan di Lapas Kelas II A Pasir Putih Nusambangan dan akhirnya bebas pada Maret 2021 lalu.

Dalam kasus bom panci tersebut, Agus teridentifikasi sebagai seorang ahli listrik dan perakit bom. Agus tercatat membuat bom panci di sebuah rumah di Kecamatan Ciparay, Bandung, Jawa Barat.

Kadiv Humas Polri saat itu, Irjen Boy Rafli Amar mengatakan Agus mempelajari pembuatan bom tersebut secara otodidak atau melalui internet. “Karena online training ini sudah menjadi tren, menjadi pengetahuan yang sifatnya umum. Bom panci ini menjadi bom yang diteruskan oleh markas besar ISIS,” kata Boy.

Sumber : CNNIndonesia.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here