Kapolri Sebut Ada Rencana Makar di Balik Demo 2 Desember

1720

Moslemtoday.com : Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan pihaknya mencurigai ada sejumlah pihak yang memanfaatkan aksi Bela Islam III pada Jumat 2 Desember 2016 untuk menjadi gerakan makar.

Sebagaimana dilansir dari BBC, “Ada upaya-upaya tersembunyi dari beberapa kelompok yang ingin masuk DPR, dan berusaha untuk dalam tanda petik ‘menguasai DPR’,” ungkap Tito di Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (21/11/2016).

Tito menambahkan, Polri-TNI siap mengambil tindakan mengingat aksi makar diberikan sanksi sebagaimana diatur dalam Pasal 104, 105, 106, dan 107 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

“Kalau itu bermaksud menjatuhkan atau menggulingkan pemerintah, itu termasuk pasal makar. Oleh karena itu, bila ada upaya-upaya seperti itu, kita akan melakukan pencegahan dengan memperkuat gedung DPR-MPR sekaligus juga membuat rencana-rencana. Bila terjadi kita akan ambil tindakan,” kata Tito.

Ia menerangkan, Polri akan melakukan upaya antisipasi gerakan tersebut dengan melakukan pencegahan yakni memperketat penjagaan di Gedung DPR/MPR. “Oleh karena itu, bila ada upaya-upaya seperti itu (makar), kita akan lakukan upaya pencegahan dengan memperkuat gedung DPR/MPR,” tambahnya.

Dia secara tegas melarang demonstrasi pada 25 November dan 2 Desember, apabila menutup Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin di Jakarta. “Kalau mau salat Jumat di Istiqlal, Monas, Lapangan Banteng monggo. Tapi kalau di jalan raya yang menutup di jalan vital, strategis Jakarta, tidak bisa,” ujarnya.  (DH)

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here