Kebakaran Hebat Landa Lebanon : “Ini Seperti Hari Kiamat”

949

Moslemtoday.com : Kebakaran hebat melanda daerah pemukiman di Damour, Lebanon sejak Senin kemarin. Api menghancurkan hutan di daerah pegunungan yang mengapit sungai Damour di desa Meshref di pegunungan Shouf, Lebanon. Penduduk setempat menggambarkan peristiwa kebakaran tersebut seperti hari kiamat.

“Itu seperti hari kiamat. Mengerikan, benar-benar mengerikan. Itu tidak bisa dipercaya, apinya tingginya 20 hingga 30 meter (66 hingga 98 kaki); tidak ada yang bisa mengikutinya,” kata Abdel-Rahman, 35 tahun, seperti dilansir dari Al Jazeera, Kamis, (17/10/2019).

Puluhan tim pertahanan sipil dari seluruh Lebanon berhasil mengendalikan kobaran api pada Selasa malam dengan bantuan helikopter Angkatan Darat Lebanon dan dua pesawat pemadam kebakaran yang dikirim oleh Siprus.

Kemudian, hujan sedang turun dengan cepat dan pada hari Rabu sehingga sebagian besar wilayah yang terbakar berhasil dipadamkan dan dikendalikan.

Walid Mansour kepada Al Jazeera [Timour Azhari / Al Jazeera]
Kebakaran berlangsung selama dua hari dan tercatat sebagai peristiwa kebakaran terburuk di negara itu dalam beberapa dasawarsa terakhir. Kebakaran tersebut mengakibatkan hilangnya hutan 1.300-1.500 hektar dalam waktu 48 jam.

Menteri Lingkungan Hidup Fadi Jreissati menyatakan keadaan darurat lingkungan dan menyerukan penduduk untuk bekerja sama dalam mendukung upaya reboisasi. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here