Keinginan Qatar untuk Menjadi Anggota Tetap Ditolak Secara Tegas oleh NATO

1632

Moslemtoday.com : NATO menolak secara tegas keinginan Qatar untuk bergabung menjadi anggota tetap di blok tersebut. NATO mengatakan keanggotaannya hanya disediakan untuk Amerika Utara dan Eropa.

“Menurut Pasal 10 dari Perjanjian Washington, hanya negara-negara dari Eropa dan Amerika Utara yang bisa menjadi anggota NATO,” ungkap NATO menanggapi komentar Menteri Pertahanan Qatar yang ingin bergabung dengan aliansi tersebut, seperti dikutip dari Sputnik, Kamis, (7/6/2018).

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Qatar, Khalid bin Mohamed Al-Attiyah mengatakan keinginan negaranya untuk menjadi anggota tetap NATO dan mengklaim bahwa negaranya memiliki beberapa persenjataan kualitas terbaik di wilayah tersebut.

“Qatar hari ini telah menjadi salah satu negara paling penting di kawasan ini dalam hal kualitas persenjataan. Mengenai keanggotaan, visi kami sangat jelas. Jika NATO menambah keanggotaan mereka, maka kami sangat siap untuk bergabung dengan aliansi itu,” ungkap Attiyah kepada majalah resmi kementerian pertahanan Qatar, Altalaya.

NATO atau North Atlantic Treaty Organization (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) adalah aliansi militer yang didirikan pada tahun 1949. Anggota NATO adalah negara-negara di benua Eropa dan Amerika Utara yang berdekatan dengan Samudera Atlantik. Markas besar NATO saat ini berada di kota Brussels, Belgia.

Saat ini terdapat 29 negara anggota tetap NATO dimana 2 negara berasal dari Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada) dan sisanya berasal dari benua Eropa. (DH/MTD)

Sumber : Sputnik, Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here