Kelompok Syi’ah Hizbullah Lebanon Larang Anggotanya Menunaikan Ibadah Haji

1868
Hasan Nasullah - Pemimpin Syi'ah Hizbullah Lebanon

Moslemtoday.com : Kelompok Syi’ah Hizbullah Lebanon telah melarang anggotanya untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Larangan ini sejalan dengan keputusan Iran yang melarang warganya menunaikan ibadah haji karena terlibat konflik dengan Arab Saudi.

“Hizbullah baru-baru ini telah mengeluarkan keputusan internal yang melarang pemimpin dan anggotanya untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Hizbullah mengancam akan mengeluarkan anggotanya yang melanggar larangan tersebut”, demikian ujar salah seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya. Demikian sebagaimana dilansir dari Anadolu Agency, Jumat, (9/9/2016).

Hizbullah Lebanon adalah organisasi politik dan paramiliter dari kelompok Syiah yang berbasis di Libanon. Hizbullah didirikan pada tahun 1982 dan mempunyai pengaruh besar dalam politik Lebanon. Sebagaimana diketahui, Lebanon adalah sebuah negara yang unik di Timur Tengah, Negara ini memiliki karakter spesial yang berbeda dengan seluruh negara di dunia.

Lebanon merupakan negara multi golongan, sekitar 18 sekte agama diakui di negara ini. Barangkali faktor geografis Lebanon yang bergunung-gunung itulah yang menjadikannya sarang bagi berbagai aliran yang saling bertentangan. Di negara inilah terdapat kaum Nasrani dengan berbagai sektenya, demikian pula Syiah, Druz, dan lain sebagainya. Lebanon mengakui tiga golongan terbesar di negeri ini yaitu : Golongan muslimin Ahlussunnah, Golongan Syi’ah Itsna Asyariah, dan Golongan Nasrani Maronit.

Kelahiran Hizbullah memiliki kaitan erat dengan revolusi Islam di Iran, di bawah pimpinan Ayatollah Ali Khomaini pada tahun 1979. Berdirinya organisasi Hizbullah tidak terlepas dari paham Syi’ah, dan memiliki hubungan erat dengan Iran sampai saat ini. (DH)

comments

Loading...

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here