Kemenag Padang Panjang Gelar Fa’fu Wasfahu, Hadirkan Buya Afrizal Thaib

27

Padang Panjang, Humas_Menyambut Ramadhan 1443 Hijriyyah/2022 Masehi, Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang gelar fa’fu wasfahu (saling ma’af mema’afkan) dilingkungan Kankemenag dengan menghadirkan H. Afrizal Thaib (Kakankemenag Kabupaten Sijunjung) sebagai penceramah, Senin (28/03/2022).

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang yang dihadiri oleh seluruh ASN Kankemenag, Pejabat, JFT dan JFU beserta perwakilan Madrasah dan KUA Kecamatan.

Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam menyambut Ramadhan,” ujarnya.

“Terimakasih kepada Buya H. Afrizal Thaib yang telah jauh datang dari Sijunjung untuk memberikan siraman rohani kepada kita semua,” ulasnya.

Sementara itu Buya H. Afrizal Thaib dalam ceramahnya menyampaikan amalan dalam rangka menyambut Ramadhan.

“Banyak ibadah yang dilaksanakan manusia itu bisa dilihat secara zahirnya kecuali Shaum atau Puasa, Puasa adalah ibadah rahasia yang membutuhkan Iman yang kuat,” ujarnya.

“Yang tau seseorang itu berpuasa adalah Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan yang berpuasa itu sendiri,” jelasnya.

“Yang sangat diperlukan untuk menyambut Ramadhan adalah tanamkan Tauhid dan tinggalkan Syirik,” pungkasnya.

“Terkait Moderasi Beragama telah jelas contohkan Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam dan ditegaskan dalam Al-Qur’anul Karim,” sambungnya.

“terkait konsep maaf atau fa’fu wasfahu adalah saling memaafkan, intinya bersihkan hati apalagi menjelang Ramadhan,” ulasnya lagi.

Menutup uraian ceramahnya, Buya H. Afrizal Thaib menghimbau agar jangan menyambut Ramadhan dengan dosa dan maksiat, mengamalkan Adat Basandi Syarak Syarak, Basandi Kitabullah ABS-SBK.

“Terakhir dalam rangka menyambut Ramadhan bekali diri dengan ilmu, hendaklah berilmu sebelum beramal,” tuturnya.(Adi)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here