Kemenag Padang Panjang Gelar NGOPI di SPENFIVETV

    16

    Padang Panjang, Humas_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga didampingi Kasi Pendidikan Islam (PAI) Endang Sriyani beserta Pengawas PAI Faasmi Dedi Narasumber pada SPENFIVETV SMPN 5 Kota Padang Panjang, Selasa (30/08/2022).

    Dipandu oleh Guru Pendidikan Agama Islam SMPN 5 Kota Padang Panjang Rahmad berjudul NGOPI (Ngobrol Pendidikan Islam) program Guru PAI Berkualitas.

    Berdurasi selama 1 jam ditayangkan pada Channel SPENFIVETV https://youtu.be/qCk_HTfE2Pc.Kakankemenag dalam pemaparannya menyampaikan bahwa, “besarnya peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

    Kakankemenag mengisahkan sejarah, “ketika Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh sekutu, Jepang seketika menyerah bertekuk lutut,” jelasnya.

    “Tapi itu tak berlangsung lama, karena sekarang Jepang dapat bangkit kembali tak lepas dari peranan pentingnya sosok bernama Guru,” ulasnya.

    “Tak ada artinya kepintaran tanpa dibarengi dengan Akhlakul Karimah yang diajarkan oleh Guru PAI,” pungkasnya.

    Sementara itu mengulas pemaparan Kakankemenag, Kasi PAI Kota Padang Panjang mengkampanyekan program GPAI BERKUALITAS, GPAI berakhlak, berkarya, ulet dan Bersinergisitas.

    “Selama ini Guru PAI khususnya di Kota Padang Panjang telah berperan dan berkontribusi aktif dalam mendidik putra putri kota Padang panjang, serta berkontribusi aktif dalam pembangunan keagamaan & pengisian Padang Panjang sebagai kota serambi Mekkah ,” ujarnya.

    “Kita hanya memberi bingkai ( frame ), mengemas peran aktif GPAI baik sebagai pendidik maupun peran aktif mereka dalam pengabdian kepada masyarakat,” sambungnya.

    “Selama ini dengan bingkai program GPAI BERKUALITAS, GPAI Kota Padang Panjang merupakan figur Guru Agama berkualitas, ulasnya.

    “Kita berharap dengan adanya program ini, GPAI kota Padang Panjang termotivasi dan menjadikan GPAI BERKUALITAS sebagai motto / spirit,” harapnya.

    Pengawas PAI Faasmi Dedi juga menjelaskan, bahwa setidaknya ada empat Kompetensi harus dimiliki oleh seorang Guru, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian,Kompetensi Profesional, serta Kompetensi Sosial sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,”paparnya.

    “Khusus untuk Guru PAI dituangkan dalam KMA ditambah dua Kompetensi lagi, yakninya Kompetensi Spritual dan Kompetensi Leadership,” ulasnya.

    “Bersama kita bersinergi di Kota Padang Panjang untuk mewujudkan Padang Panjang yang Bermarwah dan Bermartabat,” pungkasnya.

    Kegiatan ini saksikan oleh Guru PAI se Kota Padang Panjang melalui Live Streaming di Channel SPENFIVETV SMPN 5 Kota Padang Panjang.

    Sebagai Closing Statement Kakankemenag berpesan kepada Guru PAI dan Pemirsa SPENFIVETV, “Pintarlah dalam memilih, agar menjadi orang yang terpilih,” ujarnya.

    “Kemudian jangan kemana-mana, tapi berada dimana-mana agar mudah dihubungi,” lanjutnya sembari tersenyum.

    “Terakhir, jalinlah komunikasi dengan siapapun, agar kita sukses dunia dan akhirat,” pungkasnya mengakhiri. (Adi)

    Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

    comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here