Kemenag Padang Panjang Ikut Pawai Alegoris Semarakkan HUT RI ke-77

    21

    Padang Panjang, Humas_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga didampingi Kasi Penmad Emi Ratna Aprilana ikuti rapat persiapan teknis pawai Alegoris dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 di Kota Padang Panjang, Kamis (11/08/2022).

    Rapat dipimpin oleh Sekdako Padang Panjang Sonny Budaya Putra dihadiri oleh seluruh unsur Pimpinan Forkompinda Kota Padang Panjang.

    Dalam Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77, Pemko akan menggelar event Pawai Alegoris di Kota Padang Panjang. Hal itu diputuskan dalam rapat panitia HUT RI yang digelar di Ruang VIP Balai Kota.

    Sekdako, Sonny Budaya Putra menyampaikan bahwa, “selain upacara bendera akan  dilaksanakan secara langsung dan juga virtual, digelar juga pawai alegoris di Kota Padang Panjang,” ujarnya.

    “Pawai merupakan acara yang dirindukan masyarakat. Setelah dua tahun terakhir tidak dilaksanakan, Alhamdulillah Padang Panjang saat ini masih kondusif. Kita lihat kemarin, event pacu kuda mendapat antusiasme luar biasa. Begitupun momentum Dirgahayu HUT RI, semoga berdampak besar terhadap perekonomian kita di Kota Padang Panjang,” ulasnya.

    “pawai yang dilaksanakan pada Kamis (18/08/2022) pekan depan, dimulai pukul 08.00 WIB melibatkan sekolah tingkat SMP dan SMA, serta beberapa komunitas dan organisasi masyarakat (ormas) lainnya,” sambungnya.

    “Kita berharap penampilan budaya dalam pawai ini, menunjukkan Padang Panjang yang beragam dan majemuk (Bhineka Tunggal IKA),” tambahnya.

    Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) menyampaikan, “laporan dari Madrasah di bawah naungan Kemenag, akan penampilan dan mengusung tema sosok beberapa tokoh dari Kota Padang Panjang Serambi Mekkah,” ujarnya.

    “Beberapa tokoh itu seperti, Zainuddin Labay El Yunusy, Inyiak Rasul, Buya Hamka, Harun Maini, Rahmah El Yunusiyyah dan lain lain,” ungkapnya.

    Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Elfan menyebutkan, “pawai alegoris sementara ini akan diikuti 11 grup drumben, tujuh gugus SD, enam SMP, enam SMA, lima dari komunitas, beberapa perguruan tinggi dan institusi,” tuturnya.

    “Beberapa atraksi dari komunitas di antaranya Reog, Barongsai, komunitas Sunda, Tortor dan Tabuik persembahan Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP),” ujarnya.

    “panggung utama akan didirikan di depan Kantor BRI Padang Panjang. Persiapan barisan pawai akan dimulai dari Lapangan Anas Karim, diawali barisan pasukan Paskibraka dengan menempuh rute Pasar Kuliner-Jalan Sudirman-SD Teladan-Pasar Pusat-Simpang PDAM dan berakhir menuju Jalan Bahder Johan,” jelasnya.

    “Sementara untuk kendaraan hias, dari simpang AB Mart akan kita alihkan terus ke lapangan Banca Laweh,” tambahnya.

    Rapat berlangsung alot, siap ditindaklanjuti oleh seluruh peserta rapat. (Adi)

    comments

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here