Ketegangan AS-China, Menlu Retno: Jangan Libatkan Kami dalam Urusan Kalian!

159

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memperingatkan Amerika Serikat dan China untuk tidak melibatkan Indonesia dalam ekspansi pengaruh mereka di tengah meningkatnya ketegangan di antara ke dua negara.

Menlu Retno mengatakan bahwa negara-negara anggota ASEAN harus tetap netral dan bersatu. “ASEAN, khususnya Indonesia, ingin menunjukkan ke semua bahwa kami siap menjadi mitra,” ungkap Retno, seperti dilansir dari Channel News Asia, Kamis, (10/9/2020)/

“Kami tidak ingin terlibat dalam persaingan ini,” tambah Retno.

China mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan sebagai kedaulatannya. Vietnam, Malaysia, Filipina dan Brunei juga melakukan klaim serupa atas perairan yang kaya akan sumber daya alam tersebut.

Sementara itu, Amerika Serikat menyerukan untuk meningkatkan operasi-operasi kebebasan bernavigasi di perairan tersebut. AS membawa dua kapal induk ke wilayah tersebut untuk pertama kalinya sejak 2014 dan meningkatkan pengiriman kapal selam serta patroli udara.

Menlu Retno mengatakan peningkatan aktivitas militer di Laut China Selatan – dan ketegangan AS-China yang semakin meningkat sangatlah mengusik. “Satu kata: mengkhawatirkan. Itulah realitas politik yang harus kami hadapi,” ujar Retno.

Menlo Retno juga menyerukan kepada 10 menteri luar negeri ASEAN agar negara-negara Asia Tenggara bersatu, berdedikasi untuk perdamaian dan tidak memihak kepada China atau AS. “ASEAN memiliki budaya yang baik, tetapi kita harus memeliharanya. Kita tidak bisa hanya berdiam diri lalu seolah-olah nilai-nilai ini akan hidup selamanya,” ungkap Retno. (LBS/MTD)

Sumber : Channel News Asia
Kontributor : Luli Bangkit Sugito
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here