Khamenei : Washington Hasut Riyadh Agar Berseteru dengan Teheran

389

Moslemtoday.com : Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengecam Amerika Serikat dan menyebut Washington mencoba untuk memicu krisis regional dengan memprovokasi sekutunya Arab Saudi untuk berperang menghadapi Iran.

Dalam pernyataan yang disiarkan di Televisi Pemerintah, Ayatollah Ali Khamenei menyerukan kepada AS untuk meninggalkan Timur Tengah dan mengatakan setiap kekuatan yang berusaha untuk menantang Iran akan dikalahkan.

“Salah satu cara untuk menghadapi Iran adalah memprovokasi para penguasa kawasan yang tidak berpengalaman ini,” ungkap Khamenei dengan referensi yang jelas kepada Putra Mahkota Arab Saudi yang berusia 32 tahun, Pangeran Muhammad bin Salman, seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa, (1/5/18).

“Amerika mencoba memprovokasi Arab Saudi untuk melawan Teheran. Tujuan mereka adalah untuk menciptakan lebih banyak krisis regional di kawasan ini dan untuk mendorong peperangan antara Muslim melawan Muslim,” tambah Khamenei.

Khamenei melanjutkan : “Jika pemerintah-pemerintah ini mendapatkan lebih banyak kebijaksanaan, mereka tidak akan menghadapi Iran. Jika mereka menghadapi Iran, mereka akan kalah.”

Khamenei mengatakan Iran tidak berniat membatasi pengaruhnya di Timur Tengah. “Amerika, mereka yang harus pergi. Timur Tengah, Asia Barat, Teluk Persia adalah rumah kita.”

Teheran dan Riyadh telah lama terlibat dalam perang proksi di kawasan ini. Kedua negara juga memutus hubungan diplomatik yang semakin meningkatkan ketegangan di Timru Tengah. Arab Saudi sebagai penganut Sunni terbesar dan Iran sebagai penganut Syi’ah terbesar, saling bersaing untuk mendapatkan pengaruh regional dari Irak ke Suriah dan dari Libanon hingga ke Yaman.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump telah menyatakan dukungannya kepada Arab Saudi dalam upaya untuk menghadapi pengaruh Iran dan proksinya, Hizbullah dan Houthi. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here