Kirim Kapal Perang ke Timur Tengah, Jepang : “Untuk Menggali Informasi Intelijen Secara Langsung”

246

Moslemtoday.com : Kapal perang JS Takanami DD-110 milik Angkatan Laut Jepang telah meninggalkan Pangkalan Yokosuka, Tokyo dan menuju Timur Tengah. Pengerahan kapal perang ini terjadi setelah persetujuan Tokyo dalam upaya hati-hati untuk menghindari hubungan buruk dengan Washington sambil mempertahankan hubungan baik dengan Teheran.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe turut hadir pada upacara keberangkatan dan berbicara kepada publik tentang pentingnya misi ke Timur Tengah ini.

“Tugas mengumpulkan informasi intelijen secara langsung terkait dengan kehidupan orang-orang. Sekitar 90 persen dari minyak yang dikonsumsi di Jepang melewati wilayah laut tempat perusak beroperasi, seperti Teluk dari Oman. Ini adalah daerah yang dapat dikatakan sebagai aorta dan garis hidup yang mendukung kehidupan orang Jepang,” kata Abe dalam sambutannya, seperti dilansir dari Sputnik, Senin, (3/2/2020).

Tokyo menyatakan kesiapan mereka untuk menggunakan kekuatan militer dalam melindungi perjalanan kapal-kapal kargo Jepang di Timur Tengah, sebuah keputusan yang dianggap melanggar konstitusi negara.

Misi ini diperkirakan akan berlangsung selama kurang lebih satu tahun dan dialokasikan 4,7 miliar yen (sekitar $ 43 juta) dalam anggaran Jepang pada tahun 2020.

Jepang telah mengirim dua pesawat pengintai Lockheed P-3 Orion untuk misi selama setahun yang meliputi Teluk Oman, bagian utara Laut Arab, dan Teluk Aden.

Di tengah serangkaian serangan terhadap kapal tanker minyak di Teluk Oman dan Selat Hormuz tahun lalu, AS menyerukan pembentukan koalisi internasional di kawasan itu untuk memastikan perjalanan maritim yang aman untuk kapal-kapal kargo, terutama yang membawa minyak. (DH/MTD)

Sumber : Sputnik | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here