Klarifikasi Penerbit Iqro Global Terkait Perubahan Terjemahan Surat Al-Maidah : 51

9097

Moslemtoday.com : Belum selesai kontroversi atas kasus dugaan pelecehan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kini netizen dihebohkan dengan berubahnya tafsir Alquran surah Al Maidah ayat 51 yang dijual di toko-toko buku. Dalam tafsir tersebut, kata awliya yang sebelumnya diartikan sebagai pemimpin atau wali, diubah menjadi teman setia.

Hal ini pun mengundang reaksi dari netizen. Netizen kemudian menuliskan bahwa benar ada perubahan tafsir dari surah Al Maidah ayat 51. Netizen juga mem-posting Alquran terbitan mana saja yang tafsirnya telah berubah.

Beberapa netizenpun juga membandingkan antara tafsir dari Alquran versi digital dan online dengan versi cetak. Di mana dalam Alquran versi digital kata Awliya masih diartikan sebagai pemimpin.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi resmi dari toko buku yang disebut-sebut oleh netizen menjual Alquran yang tafsir di surah Al Maidah ayat 51 telah berubah. Selain itu juga belum ada konfirmasi dari penerbit-penerbit Alquran tersebut.

Terkait hal itu, Penerbit Iqro Global yang salah satunya disebut mencetak Al-Quran Terjemahan tersebut memberikan klarifikasi melalui akun Youtube Iqro Global, pada Jumat siang, 21 oktober 2016, Direktur utama PT. IQRO INDONESIA GLOBAL Andhi Raharjo mengajukan laporan atas pencemaran nama baik lewat media sosial oleh salah satu fanspage FB dan menjadi viral di media sosial dan sudah tersebar di berbagai website.

Menindak lanjuti laporan tersebut pihak POLDA DIY akan melacak admin dari group tersebut untuk dimintai pertanggungjawaban. Pelaku memosting sebuah gambar produk dari PT. IGRO INDONESIA GLOBAL berupa Al-Quran dan keterangan yang bersifat menuding telah menerbitkan Al Quran dengan terjemahan yang salah di Sural Al-Maidah Ayat 51. Menurut keterangannya, Andhi Raharjo mengatakan sejatinya itu adalah terjemah yang dikeluarkan oleh kementerian agama Rebuplik Indonesia dan dipakai oleh penerbit al-qur’an lainnya.

Berikut Video Klarifikasi :

Sumber : Republika | Youtube : Iqro Global

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here