Koalisi Arab Memfasilitasi Masuknya 18.000 Kapal Bantuan Kemanusiaan di Yaman

489

Moslemtoday.com : Juru bicara Koalisi Arab, Kolonel Turki Al-Maliki mengatakan bahwa pasukan koalisi Arab telah memfasilitasi masuknya ribuan kapal bantuan kemanusiaan di pelabuhan Yaman yang sebelumnya telah diblokade.

“18.000 kapal bantuan kemanusiaan sekarang telah berlabuh di Yaman dan 22 posko bantuan saat ini sudah beroperasi untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban perang Yaman di seluruh negeri,” ungkap Al-Maliki, seperti dilansir dari Saudi Gazette, Kamis, (1/3/18).

“Sejauh ini 959.000 penduduk Yaman sudah mendapatkan bantuan tersebut. Kami bersama Koalisi Arab mematuhi semua standar dan undang-undang hak asasi manusia,” ujar Al-Malikii, seperti dikutip dari Al Arabiya.

Kolonel Turki Al Maliki juga menegaskan bahwa pasukan koalisi melindungi masuknya jurnalis media ke Yaman dan memberikan pengamanan khusus bagi mereka yang melakukan peliputan dalam perang Yaman. Al Turki membantah laporan yang mengatakan bahwa pasukan koalisi menghalang-halangi jurnalis memasuki Yaman.

Al-Maliki menjelaskan bahwa kelompok pemberontak Houthi yang menguasai ibukota Sanaa telah memblokade dan mematikan akses internet dan menghalangi petugas media untuk melakukan liputan di Yaman.

Al-Maliki menekankan bahwa pasukan Koalisi Arab berkomitmen untuk memerangi pemberontak Houthi dan mengembalikan legitimasi pemerintahan sah Yaman. Al Maliki juga menerangkan bahwa pasukan koalisi Arab juga melindungi monumen arkeologi dan mencegah perdagangan dan penyelundupannya.

Kolonel Turki Al Maliki juga menyambut baik laporan PBB tentang bukti material yang membuktikan keterlibatan rezim Iran dalam mendukung organisasi teroris Houthi dengan rudal balistik, pesawat tak berawak, kapal cepat dan ranjau untuk lebih memperumit situasi di Yaman dan menciptakan kekacauan di wilayah tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Saudi Gazette, Al Arabiya | Redaktur: Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here