Koalisi Arab : Operasi Militer di Yaman Bertujuan untuk Mengembalikan Kedaulatan Yaman

829
A pilot of the Royal Saudi Air Force waves to ground personnel to take off in his American made F-15 Eagle Fighter Jet on Wednesday, August 15, 1990 at an Air Base in Saudi Arabia. The Saudi Air Force is being augmented by American Air Power as they prepare to defend against the Iraqi military threat. (AP Photo/Scott Applewhite)

Moslemtoday.com : Juru bicara koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi, Kolonel Turki Al-Maliki mengatakan bahwa operasi militer di Yaman melawan pemberontak Houthi bertujuan untuk memulihkan legitimasi di Yaman.

Kerajaan Arab Saudi memastikan bahwa operasi koalisi di Yaman yang telah berlangsung sejak tahun 2015 merupakan permintaan pemerintah yang sah dari presiden Yaman untuk  menghadapi pemberontakan bersenjata oleh kelompok Syia’ah Houthi.

Al-Maliki mengatakan bahwa di masa lalu ada tanda dan indikator pergerakan dan penguatan Houthi dan kelompok mereka untuk menyusup ke perbatasan Saudi. “Kerajaan harus melakukan operasi untuk melindungi keamanan negara dan mengambil posisi bertahan untuk melindungi warga negara dan penduduk desa dan kota, serta sumber daya dan wilayah vital Kerajaan,” ungkap Al-Maliki, seperti dilansir dari Arabnews, Senin, (2/10/2017).

Al-Maliki menambahkan bahwa kelompok Houthi telah melakukan operasi bermusuhan dan brutal yang melanggar hukum internasional dan kemanusiaan.

“Sebagai aliansi, kita memiliki semua alat dan kemampuan, baik dalam hal pemantauan gerakan unit Houthi atau Garda Revolusi Iran. Kami memantau terus menerus  operasional di lapangan. Sebagai contoh, kami telah menggunakan sistem intelijen 24 jam untuk memantau ke dalam Yaman dan perbatasan Saudi,” jelasnya.

Al-Maliki mengatakan bahwa saat ini kelompol bersenjata Houthi telah melakukan perang gerilya bersama Garda Republik. “Ini membutuhkan tindak lanjut, rencana dan stategis yang dikenal sebagai kesabaran taktis untuk mengembalikan kedaulatan Yaman,” ungkapnya. (DH/MTD)

Sumber : Arabnews |Saudi Press Agency

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here