Komisi HAM PBB Tuduh Turki Melakukan Pelanggaran HAM di Suriah, Turki : “Tuduhan Tak Berdasar”

121

Moslemtoday.com : Kementerian Luar Negeri Turki menolak tuduhan tak berdasar dari Komisi HAM PBB yang menuduh Turki melakukan pelanggaran HAM di Suriah Utara. Tuduhan itu disampaikan oleh Michelle Bachelet, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manudia dalam laporan terbarunya.

“Saya mendesak Turki untuk segera meluncurkan investigasi yang tidak memihak, transparan dan independen terhadap kasus-kasus yang sudah kami konfirmasi,” ungkap Bachelet, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Sabtu, (20/9/2020).

Michelle Bachelet mengatakan kondisi HAM di sebagian wilayah Suriah Utara suram dan meminta Turki untuk memastikan bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh kelompok bersenjata di bawah kendali mereka berhenti.

Komisi HAM PBB juga meminta Turki untuk menahan bantuan kepada pemberontak Suriah di Suriah Utara yang mungkin telah melakukan penculikan, penyiksaan dan penjarahan barang warga sipil, berdasarkan sebuah laporan sepanjang setengah tahun 2020.

Ankara dengan tegas menolak tuduhan tersebut dan menyebutnya tuduhan tak berdasar.

“Kami menolak mentah-mentah tuduhan tak berdasar atas pelanggaran HAM yang dilakukan oleh oposisi Suriah karena adanya hubungan kami dengan mereka,” ungkap pernyataan Kemenlu Turki.

Ankara mendukung kelompok yang ingin melengserkan Presiden Suriah, Bashar Al-Assad yang dibantu Rusia dan Iran. Turki memegang kendali di beberapa kota perbatasan bagian utara dalam beberapa tahun terakhir dengan melakukan serangan lintas batas untuk menekan mundur pasukan Kurdi Suriah (YPG), yang di cap teroris oleh Ankara. (LBS/MTD)

Sumber : Middle East Monitor
Kontributor : Luli Bangkit Sugito
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here